Pasbar Perluas Sawah 20 Hektar

Senin, 09 Januari 2017 | 23:11:32 WIB

Simpang Ampek.Pasamanbarart.go.id Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan akan melakukan perluasan sawah dalam rangka menjaga ketahanan pangan 2017.  "Kita sudah melakukan MoU perluasan sawah saat Rapat Kerja Nasional dengan Komandan Resor Militer 032/Wirabraja, Brigjen Bakti Agus Fadjari di Jakarta beberapa waktu lalu," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Holrikultura dan Peternakan, Memizesmita di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan perluasan sawah yang akan dilakukan di Pasaman Barat pada 2017 ini seluas 20 hektare. Hal itu akan menambah luas sawah dan akan meningkatkan produksi padi yang ada. Data terakhir berhasil meningkatkan pro­duksi padi di atas lima per­sen. Atas pen­capaian itu, Pasaman Barat memperoleh peng­hargaan ketahanan pangan da­ri Men­tri Pertanian melalui Gu­ber­nur Sumbar.

Keberhasilan pe­ning­ka­tan padi di atas lima persen tersebut, katanya, ada­lah berkat kerja keras semua pihak sehingga ketahanan pangan, khususnya padi, dapat terjaga di Pasaman Barat. "Produksi padi sawah pada 2014 mencapai 123.­057 ton di atas 22.510 hek­tare lahan tanam. Sedangkan produksi padi ladang men­capai 18.762 ton di lahan ta­nam 5.814 hektare," ujarnya. Ia menyebutkan, diban­ding­kan pada 2013, terjadi peningkatan produksi padi sawah, yakni 105.959 ton di atas lahan tanam 21.183 hektare.

Sedangkan produksi padi ladang pada 2013 se­banyak16.169 ton di atas lahan tanam 5.271 hektare. "Produksi dapat dicapai dengan perbaikan sarana prasarana, bantuan alat me­sin, peningkatan indeks per­tanian, benih unggul, pene­rapan sistem tanam jajar legowo, dan pemupukan ber­im­bang," jelasnya. Sebelumnta, Dandim 0305 Pasaman Letkol Cos­mas Prandito mengatakan, pihaknya siap mendukung untuk mewujudkan swa­sem­bada pangan di daerah itu. Program ketahanan pangan wajib sukses tersebut sesuai dengan perintah Presiden RI dan Panglima TNI.

Pihaknya terus melakukan pen­dam­pi­ngan dan memberikan ban­tu­an secara langsung ter­hadap ka­langan petani di beberapa da­erah, termasuk me­mantau penyaluran bantuan. Ikut melakukan tanam padi serentak bersama dinas terkait.(Web)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 



Selasa, 15 November 2016

MAN Kajai Canangkan Program Gerakan Seribu

2016-11-15 00:45:37 Simpang Empat, pasamanbaratkab.go.id Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kajai, Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melakukan terobosan baru dalam meningkatkan rasa sosial dan mengikuti tuntunan hidup sehat dan bersih. Hal ini dibuktikan dengan program Gerakan Seribu di Hari Jumat dan Jumat bersih. Benar, sudah dua minggu kita memulai program ini, sedekah pertama terkumpul Rp...

Kamis, 06 Oktober 2016

Ikan Larangan Batang Tian Dibanjiri Pengunjung

2016-10-06 14:17:31 Simpang Empat, pasamanbaratkab.go.id Meski baru satu bulan dibuka, tempat wisata alam ikan larangan Batang Tian yang terletak di Jorong Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), semakin ramai oleh pengunjung. Betapa tidak, selain banyaknya ikan-ikan jinak yang menghiasi sungai, letaknya juga berada di pusat kota kabupaten dan berada di jalan...