Ibu Jaman Now Harus Bisa Segalanya

Jumat, 22 Desember 2017 | 20:40:00 WIB
Ibu Jaman Now Harus Bisa Segalanya

 

Simpang Empat, pasamanbaratkab.go.id- Ibu merupakan sosok yang kuat dan harus bisa melakukan segalanya. Terbukti peran ibu-ibu sekarang ini sudah tidak lagi berkutat di urusan rumah tangga, anak dan suami. Namun, sudah setara dengan peran laki-laki. Upacara hari ibu dan hari kesetiakawanan sosial di Kabupaten Pasbar Jumat (22/12), diselenggarakan oleh ibu-ibu.

Mulai dari pemimpin upacara, penggerek bendera, hingga pembacaan UU Dasar Negara RI. Kobaran semangat ibu-ibu membuat upacara bendera pagi itu berjalan khidmat. Bupati Pasbar Syahiran mengatakan peringatan hari ibu juga menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia, telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki.

"Momentum hari ibu juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua. Tentang berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan disemua bidang pembangunan. Perjalan panjang selama 89 tahun telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan mulyidimensi, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia,"papar Syahiran.

Ia menambahkan, perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara didalam mencapai tujuan negara serta di dalam memperjuangkan kesejahteraan disemua bidang pembangunan. Seperti bidang politik, pendidikan, ekonomi, sosial, hukum. Perempuan dan laki laki juga mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama sebagai sumber daya pembangunan nasional jangka menengah dan jangka panjang maupun tujuan tujuan pembangunan berkelanjutan sampai tahun 2030.

Selain itu, Ketua PKK Pasbar Ny. Yunisra Syahiran mengatakan sejarah hari ibu dimulai dengan gema sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 digelorakan dalam konggres pemuda Indonesia. "Konggres perempuan pertama pada tanggal 22-25 Desember 1928. Salah satu keputusannya adalah dibentuknya satu organisasi federasi yang mandiri dengan nama perikanan perkumpulan perempuan Indonesia,"tandas Yunisra Syahiran. 

  

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 



Selasa, 15 November 2016

MAN Kajai Canangkan Program Gerakan Seribu

2016-11-15 00:45:37 Simpang Empat, pasamanbaratkab.go.id Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kajai, Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melakukan terobosan baru dalam meningkatkan rasa sosial dan mengikuti tuntunan hidup sehat dan bersih. Hal ini dibuktikan dengan program Gerakan Seribu di Hari Jumat dan Jumat bersih. Benar, sudah dua minggu kita memulai program ini, sedekah pertama terkumpul Rp...

Kamis, 06 Oktober 2016

Ikan Larangan Batang Tian Dibanjiri Pengunjung

2016-10-06 14:17:31 Simpang Empat, pasamanbaratkab.go.id Meski baru satu bulan dibuka, tempat wisata alam ikan larangan Batang Tian yang terletak di Jorong Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), semakin ramai oleh pengunjung. Betapa tidak, selain banyaknya ikan-ikan jinak yang menghiasi sungai, letaknya juga berada di pusat kota kabupaten dan berada di jalan...