HUT Pasbar ke 14, Lestarikan Keakraban Multi Etnis

Selasa, 09 Januari 2018 | 15:45:32 WIB
HUT Pasbar ke 14, Lestarikan Keakraban Multietnis

 

Simpang Empat, pasamanbaratkab.go.id- Hari Ulang Tahun Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang ke 14 ini, tampil beda dengan nuansa adat, dengan di adakan makan bajamba serta mewajibkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pasbar memakai pakaian adat daerahnya masing-masing. Terlihat kombinasi dari tiga etnis suku yang ada di Pasbar yakni, suku Minang, Jawa, dan Mandailing.

Sementara itu Bupati Pasbar Syahiran memakai pakaian adat Minang, sedangkan wakiknya Yulianto memakai pakaian adat Jawa dan Sekda Pasbar Manus Handri Memakai Pakaian adat Mandailing.

Sebelum melakukan makan bajamba di Balairong Tuah Basamo, ibu-ibu yang tergabung sebagai utusan dari seluruh OPD dan perbankan, berbaris mengenakan pakaian Bundo Kandung sambil Manjunjuang Jamba di atas kepala mereka yang dikomandoi oleh Ketua PKK Pasbar Yun Syahiran, Ketua GOW Sifro Yulianto, Ketua DWP Harnina Manus Handri.

"Saya rasa sejak Pasbar ada ini baru pertama dilaksanakan makan bajamba dengan pakaian adat tiga etnis ini (Minang, Jawa, Mandailing) dalam jumlah ratusan orang," kata Bupati Pasbar Syahiran didampingi Wakil Bupati Yulianto. Selama usia Pasbar 14 Tahun, Pemerintah Daerah bersama Masyarakat senantiasa melakukan upaya pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Pasaman Barat, baik bidang pembangunan fisik, dan bidang kemasyarakatan.

Rangkaian HUT Pasbar ke 14 yang "dikomandoi" dan di desain Sekda Pemkab Pasbar Manus Handri ini berjalan dengan sukses dan meriah. Mulai dari Pasaman Barat Expo, Lomba Bernyanyi dengan istri antar OPD se Pasaman Barat, Perlombaan Sepak Bola Bupati CUP, Hiburan Kim Malam dan Bazar Murah, Perlombaan Drum Band antar SD, SMP, SMA se Kabupaten Pasbar, Pertandingan Tinju, Senam Maumere, Lomba Pildacil dan banyak lagi lainnya. 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 



Selasa, 15 November 2016

MAN Kajai Canangkan Program Gerakan Seribu

2016-11-15 00:45:37 Simpang Empat, pasamanbaratkab.go.id Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kajai, Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melakukan terobosan baru dalam meningkatkan rasa sosial dan mengikuti tuntunan hidup sehat dan bersih. Hal ini dibuktikan dengan program Gerakan Seribu di Hari Jumat dan Jumat bersih. Benar, sudah dua minggu kita memulai program ini, sedekah pertama terkumpul Rp...

Kamis, 06 Oktober 2016

Ikan Larangan Batang Tian Dibanjiri Pengunjung

2016-10-06 14:17:31 Simpang Empat, pasamanbaratkab.go.id Meski baru satu bulan dibuka, tempat wisata alam ikan larangan Batang Tian yang terletak di Jorong Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), semakin ramai oleh pengunjung. Betapa tidak, selain banyaknya ikan-ikan jinak yang menghiasi sungai, letaknya juga berada di pusat kota kabupaten dan berada di jalan...