Rapat Koordinasi Dinas Perhubungan dan Informatikan Se-Sumatera Barat (Sumbar), Pelantikan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)

Selasa, 24 September 2013 | 08:29:31 WIB
Rapat Koordinasi Dinas Perhubungan dan Informatikan Se-Sumatera Barat (Sumbar), Pelantikan Forum Lalu Lintas dan Angkutan  Jalan (LLAJ)

Barisan Dishub se-Sumbar pada acara apel gabungan yang dilakukan di halaman kantor Bupati Pasbar,

































pasamanbaratkab.go.id -


Untuk Sumatera Barat, kembali di lakukan di Pasaman Barat (Pasbar).  Masyarakat dan Pemda Kabupaten Pasbar. Kali ini Pasbar dipilih sebagai tempat Rapat Koordinasi (Rakornis)  Kadis Perhubungan dan Informatikan Se-Sumatera Barat (Sumbar), sekaligus Pelantikan Forum Lalu Lintas dan Angkutan  Jalan (LLAJ), yang dilakukan di Aula Kantor Bupati Pasbar, Senin (23/9).

Pada acara itu juga terlihat Bupati Pasbar, H. Baharuddin, R. melakukan Lounching Pas Kapal. Sebagai pertanda Pasbar resmi memiliki Pas Kapal kurang dari  GT 7.

Di sekitar kantor bupati setempat. Sejak pagi para tamu, yang terdiri dari jajaran Dinas Perhubungan dan Informatika Pasbar sudah terlihat hadir di sekitar kantor Bupati Pasbar. Termasuk dihadiri  Dirlantas Polda Sumbar diwakili, Zulpahmi Sani, Kepala Dinas Kominfo Sumbar Mudrigan, Ketua DPRD Pasbar Yulianto, Sekda Pasbar Yasri Uripsyah, Kepala Dinas perhubungan Se-Sumbar dan seluruh  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Pasbar.

Pagi harinya, rombongan juga melakukan apel gabungan di halaman kantor Bupati  Pasbar, sekaligus pemberian penghargaan kepada tiga kepala sekolah yang berada di Kecamatan Sungai Beremas,  sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas.

Momentum tersebut diharapkan sebagai upaya menyelamatkan generasi muda, dan pemberian penghargaan yang baru pertama kali dilakukan di Sumatera Barat, kata Bupati Pasbar H. Baharuddin, R.

Terpilihnya tiga sekolah itu berawal dari penilaian yang dilakukan panitia selama ini terhadap sejumlah sekolah yang siswanya taat berlalu lintas.

Selama ini pihaknya telah tegas melarang pihak sekolah, agar siswanya jangan memakai motor sebelum punya SIM, setiap pagi dan siang memanfaatkan kegiatan bersepeda. Selain itu, sering pawai bersepeda ontel.

Disekolah yang menerima penghargaan itu, yakni SMAN I Sungaiberemas, SMPN 1 Sungai Beremas dan MTsN Sungai Beremas. Tertib lalulintas sangat dikagumi, apalagi siswa/i di sekolah itu lebih memilih bersepeda pergi ke lokasi sekolah.   

Dikatakan. Pemberian reward itu sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa/masyarakat akan taat berlalu lintas di jalan raya.

Ia juga mengatakan sangat berterimakasih karena   kabupaten yang dipimpinnya itu menjadi tuan rumah rapat koordinasi (rakor) Perhubungan se-Sumatera Barat. 

Bupati menyampaikan, sangat mengapresiasi pihak sekolah dalam membuat aturan tersendiri  untuk melarang siswanya memakai kendaraan, apalagi yang belum punya SIM.  Karena dengan kepedulian itu angka kecelakaan akan dapat dikurangi seminimal mungkin. Tentu kalau ada rasa kesadaran siswa untuk taat aturan berlalu lintas, maka ke depan  rasa kesadaran berlalu lintas itu akan tetap  terjaga.

Kita harap agar siswa juga patuh dan taat berlalu lintas, karena siswa itu termasuk asset daerah untuk memajukan pembangunan,” kata Baharuddin,R, mantan polisi ini.

Dijelaskan, program sekolah taat aturan lalu lintas ini harus terus dikembangkan. Dan sekolah yang menerima penghargaan itu diharapkan agar menjadi contoh bagi sekolah lain yang ada di Pasbar. Sehingga program pilot projek ini dapat terwujud dengan baik sesuai dengan tahapan program yang telah dibuat sebelumnya. Dan masyarakat juga harus memiliki kesadaran taat berlalu lintas, agar  tingkat kecelakaan di Pasbar dapat menurun.

Terimakasih kepada semua pihak yang ikut berpartisifasi dalam menjalankan program pelopor berlalu lintas ini,”kata Bupati Pasbar.

Ia juga mengatakan sangat bangga, kalau acara setingkat provinsi dilakukan di Pasbar. Termasuk didalamnya acara Rakor Kepala Dinas Perhubungan se-Pasbar. Kalau ada acara setingkat provinsi, Pasbar siap untuk menjadi tuan rumah.    

Apalagi Pasbar saat sekarang sedang geliat membangun berbagai pembangunan yang  diperuntukkan untuk transportasi, baik untuk transportasi darat, udara dan juga transportasi laut. Sekarang semua pembangunan itu dalam tahapan penyempurnaan.

Untuk memaksimalkan semua pembangunan itu, tentu sangat  dibutuhkan kerjasama dengan seluruh bupati/walikota se Sumbar melalui Dinas Perbuhungannya. Begitu juga dengan pemerintah provinsi dan pusat”, katanya lagi.

Pada acara setingkat Sumbar itu, H. Baharuddin, R, juga mengungkapkan, bahwa sejumlah pembangunan sarana transportasi yang sedang dilakukan bakal secepatnya terselesaikan. Seiring akan dilakukannya     MTQ  Nasonal tingkat Sumbar di wilayah kepemimpinanya.

Dan pada acara MTQ itu  direncanakan rombongan Menteri dan Gubernur, sudah dapat memanfaatkan fasilitas tersebut, termasuk di dalamnya pasilitas Bandara Pusako Anak Nagari (PAN) di Kecamatan Luhak Nan Duo.

Selain mempersiapkan Bandara PAN, ia juga mengakatan bahwa Pasbar sedang membangun Pelabuhan Laut Teluk Tapang di Airbangis, Kecamatan Sungai Beremas. Bupati Berharap agar pihak kementerian memberikan bantuan untuk perluasan lahan pelabuhan tersebut nantinya.

Sementara itu, Zulpahmi Sani, yang mewakili  Dirlantas Polda Sumbar,  menyampaikan. Masaalah kecelakaan berawal dari pelanggaran-pelanggaran berlalulintas, sehingga berakibat fatal. Sal;ah satu jalan untuk menurunkan angka kecelakaan, memperkenalkan tertib lalulintas kepala anak-anak usia dini. 

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Pasbar, Mardani, mengatakan acara tersebut dilakukan Berdasarkan keputusan Dishubkominfo Provinsi Sumbar Nomor 551.23 /1702/ Dishubkominfo SB –IX/2013. 5 September 2013.

Forum tersebut dibentuk untuk memecahkan berbagai persoalan di bidang perhubungan di Sumbar, serta untuk peningkatan pelayanan masyarakat di bidang Perhubungan Komonikasi dan Informatika.

Ia berharap Ketua TP-PKK, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Ketua DWP dan Bundo Kanduang mengikuti acara yang mereka lakukan, sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak sebagai pengguna jalan.

Pasalnya, seorang Ibu adalah pendidik Pertama dan Utama dan juga dapat di teruskan ke masing-masing organisasi wanita yang di pimpinnya.

Ia juga berharap, agar siswa taat berlalu lintas di jalan raya. Karena sudah sebuah penghargaan bagi Pasbar, rakor perhubungan se-Sumbar dilakukan di Pasbar.

Dijelaskan, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan akan menjadi salah satu bentuk kampanye untuk terus meningkatkan berlalu lintas di jalan raya. Karena data yang ada Pasbar itu termasuk daerah rawan kecelakaan di Pasbar.

Sungguh mengerikan banyaknya orang meninggal karena kecelakaan lalu lintas.  Pihaknya, akan terus berupaya memberikan informasi, dan mengampanyekan keselamatan berlalu-lintas. Bagi yang jadi korban agar tetap kobarkan semangat hidup untuk meraih masa depan. Tujuan acara ini juga dimaksudkan untuk terus menggemakan keselamatan berlalu lintas.

Dan untuk mengingatkan warga menjaga keselamatan saat berkendaran, serta terus menemukan pelopor-pelopor keselamatan berlalu lintas,”sebut Mardani. (nep/humas)

 

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar