7 Bamus Nagari Ikuti Pembekalan

By Tim Peliput Diskominfo Pasaman Barat 14 Sep 2020, 23:10:14 WIB Berita Utama
7 Bamus Nagari Ikuti Pembekalan

pasamanbaratkab.go.id-- Tujuh Badan Musyawarah (Bamus) dari 19 Nagari yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, terpilih mengikuti Pembekalan Bamus dalam rangka pembangunan nagari, pada Senin (14/9/2020). 

Ketujuh Bamus tersebut mendapatkan pembekalan tentang pengetahuan umum, tujuan pokok dan fungsi Bamus, Peran Bamus dalam pengawasan keuangan nagari, Penyusunan peraturan nagari, penyusunan tata tertib Bamus serta pembekalan Bamus lainnya.

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pasaman Barat Yulianto, di Balairong Tuah Basamo Simpang Empat, Pasaman Barat.

"Kita berharap Bamus bisa menjadi pilar utama untuk bersinergi dengan pemerintahan nagari guna meningkatkan kapasitas dan kemampuan Bamus Nagari, sehingga pembekalan ini bermanfaat dalam berbagai aspek pengetahuan agar Bamus mampu menjalankan tugas serta tahu dengan fungsi dan kewenangan,"kata Bupati Yulianto dalam Arahannya saat membuka Pembekalan tersebut.

Ia menegaskan bahwa Bamus harus mampu melaksanakan tugasnya dan bisa bersinergi dengan Wali nagari dalam membangun nagari. Sesuai dengan apa yang telah diatur dalam Pasal 32 Permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang Tugas Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Selain perwakilan masyarakat, Bamus juga merupakan perpanjangan tangan pemerintah Daerah yang ada di Desa dan Kelurahan. Menunjukkan perannya yakni sebagai wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayahnya," ujar Yulianto.

Ia melanjtkan Bamus yang ada di lingkungannya harus arif dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat nagari, mampu bersinergi dalam melaksanakan amanah dalam melaksanakan kebijakan dan pengadaan.

Sementara itu, Kadis DPMN Pasbar, Etris Dsem menjelaskan bahwa, pembekalan ini bertujuan agar Bamus yang baru terpilih memahami peran badan permusyawaratan nagari dalam penyelenggaraan pemerintah nagari.

Melalui pembekalan ini Etris Dsem berhatap, peserta dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan sebagai lembaga yang menjalankan fungsi pemerintah di nagari sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangannya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment