Bupati Pasbar Yulianto Terima Pendemo dari Ampun

By Tim Peliput Diskominfo Pasaman Barat 27 Jul 2020, 10:41:45 WIB Berita Utama
Bupati Pasbar Yulianto Terima Pendemo dari Ampun

pasamanbaratkab go.id-- Bupati  Pasaman Barat Yulianto menerima puluhan pendemo dari Aliansi Mahasiswa Peduli Uang Negara (Ampun) Kabupaten Pasaman Barat di halaman kantor bupati, Kamis(23/7). 

Hadir dalam aksi mendampingi bupati Yulianto, Sekda Pasbar Yudesri, Kepala OPD dan stakeholder terkait. Terlihat di lokasi aksi demo pengamanan dari pihak kepolisian dan Satpol PP.

Dalam orasinya pendemo menuntut mengenai kejelasan pengoperasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Ujung Gading, karena Rumah Sakit tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat Pasaman Barat khusunya bagian Utara.

Koordinator Lapangan (Korlap) Warham Eka Putra menyampaikan bahwa pemerintah harus segera mengoperasikan RSUD Pratama Ujung Gading, Apalagi setelah terjadinya insiden beberapa waktu lalu seorang ibu melahirkan meninggal dunia dalam perjalanan menuju RSUD Jambak. 

"Hari ini kita menuntut pemerintah harus pro rakyat. Rakyat menuntut agar rumah sakit Pratama Ujung Gading harus beroperasi. Jika tidak dioperasikan secepatnya aksi kami akan lebih besar lagi," jelas Warham Eka Putra.

Bupati Pasbar Yulianto didampingi oleh Sekda Pasbar Yudesri dan OPD terkait sangat mendukung keinginan mahasiswa agar RSUD Pratama Ujung Gading segera beroperasi.

"Saya sangat mendukung dan berpihak terhadap keinginan masyarakat. Upaya percepatan pengoperasionalan RSUD Ujung Gading saat ini terus kami lakukan," pungkas Yulianto

Menurutnya dengan ditetapkan aturan baru Peraturan Kementrian Kesehatan tahun 2020 ini ada satu syarat yang harus dilengkapi sebelum dioperasikan RSUD tersebut, yakni harus ada sertifikat layak fungsi dari tim ahli bangunan.

"Tim ahli bangunan tidak ada di Pasaman Barat. Kami telah menyurati Gubernur Sumbar pada 16 Juli 2020 lalu agar mendatangkan tim ahli untuk memastikan rumah sakit ini bisa beroperasi. Dan kita masih menunggu tim ahli tersebut dari provinsi. Untuk itu, kita tidak bisa gegabah, karena ada aturan dari Kementerian Kesehatan RI bahwa rumah sakit sebelum beroperasi harus lulus uji kelayakan," Jelas Yulianto.

Selanjutnya, Selain menunggu sertifikat layak fungsi bangunan, pihaknya berkomitmen untuk mempercepat operasional RSUD Ujung Gading sehingga masyarakat bagian Utara Pasaman Barat tidak juah untuk berobat ke Simpang Empat

"Saya Minta kepada Dinas Kesehatan untuk segera melakukan langkah cepat dalam pengoperasian RSUD Ujung Gading ini dan terus berkoordinasi dengan instansi terkait," ungkapnya.

Diakhir aksi tersebut, Bupati Yulianto menyalami mahasiswa sebagai bentuk ungkapan terimakasih karena sudah menyampaikan aspirasi masyarakat.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment