Perpustakaan Nagari Koto Baru Pasbar Masuk Nominasi Enam Besar Tingkat Nasional

By IKP Pasbar 30 Jul 2019, 11:32:10 WIB Berita Utama
Perpustakaan Nagari Koto Baru Pasbar Masuk Nominasi Enam Besar Tingkat Nasional

pasamanbaratkab.go.id- Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) H. Yulianto secara resmi membuka lomba perpustakaan umum terbaik desa/kelurahan tingkat Nasional tahun 2019 di Nagari Kota Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Senin, (29/7).

H.Yulianto mengapresiasi perpustakaan Nagari Kota Baru yang telah masuk nominasi enam besar pada lomba perpustakaan desa/kelurahan tingkat Nasional. Ia berharap melalui pencapaian ini dapat meningkatkan motivasi dan kinerja perpustakaan Nagari Koto Baru dan sebagai acuan bagi perpustakaan Nagari-Nagari lain yang ada di Pasaman Barat dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat sekaligus menjadi motivasi bagi masyarakat untuk semakin aktif dalam memanfaatkan keberadaan perpustakaan.

“Dengan adanya perpustakaan dan perlombaan ini diharapkan dapat memotivasi para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dalam meningkatkan minat baca dan tulis. Perpustakaan adalah sarana pendidikan yang merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan akses pendidikan di Pasaman Barat,"papar Yulianto.

Wabup melanjutkan, Perpustakaan Nagari merupakan ujung tombak layanan yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat, oleh karena itu perpustakaan Nagari didorong untuk melakukan transformasi menjadi pusat belajar dan kegiatan masyarakat yang tidak hanya menjadi tempat membaca dan mencari referensi saja, tetapi juga dapat berkontribusi dalam membagun Nagari dan berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat.

“Sesuai dengan visi dan misi RPJMD Kabupaten Pasaman Barat, perpustakaan Nagari Koto Baru telah penunjang pelaksanaan tugas pemerintah di bidang perpustakaan di tingkat pemerintah Nagari berperan aktif dalam mensukseskan program pemerintah." kata Yulianto.

Di akhir sambutannya, Yulianto mengatakan Pemerintah Daerah Pasbar sangat berkomitmen dalam meningkatkan perpustakaan. Karena perpustakaan diangkap sangat penting sebagai wadah pembelajaran dan sarana pusat kegiatan masyarakat Nagari.
 

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Asisten Bidang Pembangunan Irwan, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar Wardarusmen, tim juri lomba Perpustakaan umum desa/kelurahan Syamsul Bahri, Kepala Kearsipan dan Perpustakaan Pasbar Sutriati, Camat Luhak Nan Duo Ahmad Hanif dan Walinagari Se-kabupaten Pasaman Barat.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment