Bupati Pasbar Pimpin Upacara Hari Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

By IKP Pasbar 12 Feb 2020, 12:45:53 WIB Berita Utama
Bupati Pasbar Pimpin Upacara Hari Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

pasamanbaratkab.go.id--  Upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional dan Pernyataan Dimulai Bulan Keselamatan Dan Kesehatan Nasional Kabupaten Pasaman Barat dipimpin oleh Bupati Pasaman Barat H. Yulianto, SH., MM. di lapangan PT. Laras Internusa (LIN) kejorongan sidodadi, Kecamatan Kinali Senin, (10/2).

Upacara dihadiri oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Nazrizal, S.sos., M.Si., Asisten Setda, Kepala OPD, camat, wali nagari Kinali, pimpinan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, serta Pimpinan perusahaan se kabupaten Pasaman barat .

Dalam sambutan Bupati H. Yulianto menjelaskan, peringatan Hari K3 Nasional 2020 merupakan momentum yang strategis dan bersejarah, karena pada tahun ini peringatan K3 telah mencapai usia yang ke 50 tahun. Hal tersebut tertuang pada Undang-undang Nomor 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja.

"Dalam undang-undang tersebut menghadapi tantangan di dunia ketenagakerjaan dibutuhkan Revolusi Industri, yang ditandai dengan adanya inovasi, otomatisasi, super computer, dan artificial intelligence pola kerja yang membawa perubahan ekonomi berbasis digital" Sebut Yulianto.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik mencatat jumlah angkatan kerja pada Agustus 2019 sebanyak 133.56 juta orang, mengalami penurunan 2.62 juta orang dibanding Februari 2019. Penduduk bekerja sebanyak 126,51 juta orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 57,5% angkatan kerja merupakan lulusan SD dan SMP. Hal ini lah yang menyebabkan rendahnya kesadaran akan keselamatan dalam bekerja.

Selain itu terkait keselamatan kerja, berdasarkan data BPJS ketenagakerjaan Tahun 2018 telah terjadi 157.313 kasus kecelakaan kerja. Dan sepanjang Januari hingga September 2019 terdapat 130.923 kasus kecelakaan kerja dengan jumlah sebesar 26,40%.

Mengenai hal tersebut, H. Yulianto mengharapkan kepada semua pihak untuk ikut mengawal program dan strategis K3 dapat berjalan dengan efektif.

"Mari kita jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk memperkuat pelaksanaan K3 secara Nasialonal sebagai elemen penting dalam melakukan reformasi ketenagakerjaan dalam membangun SDM untuk mencapai indonesia maju." Pungkas Yulianto.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment