Empat Pokja Di Wilayah Pasbar Mendapat Penilaian 10 Program Pkk Tingkat Sumbar

By IKP Pasbar 20 Mar 2019, 15:23:11 WIB Berita Utama

Berita Terkait

Berita Populer

Empat Pokja Di Wilayah Pasbar Mendapat Penilaian 10 Program Pkk Tingkat Sumbar

pasamanbaratkab.go.id- Tim penggerak PKK Provinsi Sumbar Selasa (19/3) menilai Empat Pokja di beberapa wilayah di Pasaman Barat. Penilaian tersebut merupakan penilaian 10 program pokok PKK yang dimulai dari penilaian tertib administrasi, kesesuaian data dan fakta lapangan di bumi penghasil sawit tersebut.

Tim penilaian penggerak PKK Provinsi Sumbar diketuai oleh Wartawati Nasrul Abit dan 12 anggota PKK yang menyebar di 4 Pokja yang dinilai. Pokja 1 dengan pola asuh anak di Nagari Aia Gadang, Pokja 2 Upaya peningkatan pendapatan keluarga di Nagari Parik, Pokja 3 Halaman Asri dan Nyaman (Hatinya PKK) di Nagari Koto Baru Jorong Mahakarya, dan Pokja 4 dengan Pemeriksaan Iva test di Kecamatan Pasaman.


Wartawati Nasrul Abit menjelaskan Kegiatantersebut merupakan reward terhadap daerah yang bersungguh-sungguh dalam menjalankan program pokok PKK. “Tentunya kita berharap Pasbar bisa keluar sebagai pemenang dan mendapatkan kesempatan mewakili Sumbar ke tingkat Nasional”, ungkap Wartawati Nasrul Abit.

Selain itu, Wartawati menilai PKK harus bisa kreatif dalam menjalankan program PKK. Salah satunya dengan memanfaatkan dana desa sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Karena, pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu dari tujuan dana desa tersebut.

Menurut Walinagari Zulpiyan Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Nagari Koto Baru merupakan nagari yang sering mengikuti berbagai lomba. Artinya masyarakat setempat terbiasa hidup kompak dan mau diajak untuk bekerjasama sama dalam tim.

"Seperti penilaian 10 program pokok PKK tingkat Sumbar ini. Kita pernah menjuarai pembemberdayaan masyarakat penggunaan dana desa. Nagari ini sudah teruji dan eksistensinya sudah teruji. Nagari Koto Baru merupakan pemasok sayur di Pasbar dan akan terus kita pertahankan ke depan", papar Zulpiyan.

Sementara itu, Ketua Harian PKK Pasbar Tantri mengatakan kunjungan tersebut merupakan pembinaan dari PKK provinsi Sumbar. Selain itu, perlombaan 10 program pokok PKK ini merupakan salah satu penjabaran dari rutinitas PKK selama ini.

"Program yang sudah kita integrasikan selama ini di berbagai lini kehidupan sudah berjalan dengan baik. Program yang kita prioritas selama ini berjalan sesuai rencana, seperti pemanfaatan pekarangan rumah, pola asuh di dalam keluarga, program kesehatan seperti Iva test. Tidak hanya itu, program PKK yang menambah pendapatan keluarga juga sudah berjalan selama ini,"jelas Tantri.

Ketua harian PKK Pasbar ,Tantri berharap dengan adanya pembinaan secara berkelanjutan dari PKK provinsi Sumbar bisa menambah semangat bagi masyarakat Pasbar untuk terus mengembangkan 10 program pokok PKK. Integrasi yang sudah berjalan selama ini akan terus dipertahankan dan dikembangkan.

Hadir dalam penilaian tersebut Ketua TP PKK Pasbar Yunisra Syahiran dan seluruh anggota PKK Pasbar.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment