PENANDATANGANAN KERJASAMA JEMPOL IMIGRASI KELAS II AGAM DENGAN PASBAR

By IKP Pasbar 26 Mar 2019, 13:52:50 WIB Berita Utama
PENANDATANGANAN KERJASAMA JEMPOL  IMIGRASI KELAS II AGAM DENGAN PASBAR

pasamanbaratkab.go.id- Masyarakat Kabupaten Pasaman Barat saat ini dipermudah dalam pengurusan paspor. Pasalnya, Pemkab Pasbar melakukan kerjasama dengan kantor imigrasi kelas II Agam, sehingga masyarakat yang akan mengurus Paspor cukup datang ke kantor bupati setempat.

Menurut Bupati Syahiran, rancangan kesepakatan ini sudah dilakukan semenjak enam bulan lalu. Karena melihat tingginya  animo masyarakat dalam mengurus paspor, baik untuk keberangkatan haji maupun umroh. Sehingga Pemkab Pasbar melakukan kerjasama dengan Kantor imigrasi kelas II Agam dengan nama Jempol, layanan Paspor Jemput bola (Jempol).

"Kerjasama ini kita lakukan mengingat jarak tempuh masyarakat dalam mengurus paspor ke Bukittinggi cukup jauh. Tidak hanya menghabiskan waktu dan tenaga, namun juga uang. Oleh karena itu kita ingin memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menyediakan pelayanan mengurus paspor”, jelas Syahiran.

Bupati menghimbau kepada masyarakat yang ingin mengurus paspor cukup datang ke kantor bupati Pasbar, dengan biaya yang resmi. “Saya tekankan, tidak ada calo, membayar cukup dengan tarif resmi", ujar Bupati Syahiran.

“Bagi masyarakat yang ingin mengurus paspor jangan mudah tertipu. Hal ini ditakutkan nanti ada pihak yang menyalahgunakan kesempatan ini. Bagi masyarakat yang ingin mengurus paspor temui Kabag Humas Pasbar. Karena Dia yang akan membantu masyarakat dalam mengurus paspor,"jelas Syahiran.

Sementara itu, Kepala Divisi Kemenkumham Sumbar Sumantri Sihite menyampaikan tugas pokok bagian imigrasi sebenarnya bukan saja dalam mengurus paspor. Namun, lebih dari itu sehingga imigrasi kadang kala dinilai menakutkan bagi masyarakat.

"Tugas kita juga mengawasi dan mencegah terjadi tindakan -tindakan yang akan merugikan Indonesia, seperti warga negara asing yang datang ke Indonesia tanpa kelengkapan administrasi, begitu juga nanti warga kita yang akan keluar negeri,"himbau Sumantri Sihite.

Ia menambahkan, meningkatnya jumlah masyarakat yang mengurus paspor dari masa ke masa, sehingga kantor imigrasi perlu melakukan pelayanan yang lebih prima.

"melihat sambutan baik Pasbar, sehingga terbentuk lah MoU kita hari ini. Hari pertama ini kita melayani 30 orang. Kita ada di Pasbar setiap hari Rabu,"tandas Sumantri Sihite.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment