TP PKK Pasbar Terus Dorong Perekonomian Keluarga Melalui Program Kawasan Rumah Pangan Lestari

By IKP Pasbar 13 Feb 2019, 09:25:49 WIB Berita Utama
TP PKK Pasbar Terus Dorong Perekonomian Keluarga Melalui Program Kawasan Rumah Pangan Lestari

pasamanbaratkab.go.id- Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Pasaman Barat (Pasbar) terus berupaya mendorong peningkatan perekonomian keluarga melaui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang disinergikan dengan program pokok PKK Pokja III yakni pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman bermanfaat.

"KRPL merupakan program nasional, hal ini sejalan dengan program Hatinya PKK Pokja III yakni pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman bermanfaat. Ibu-ibu perlu semangat untuk sukseskan program ini,"ujar  Yunisra saat memberikan sambutan dalam acara monitoring dan evaluasi KRPL di Jorong Bandarejo Kecamatan Pasaman yang juga dihadiri Ketua TP. PKK Sumbar, Nevi Zuairina, Senin, (11/2).

Ia menyampaikan kaum perempuan memiliki peran dan banyak tanggungjawab, salah satunya membantu suami untuk menambah pendapatan keluarga melalui program KRPK atau Pokja III PKK.

"Ibu-ibu harus semangat, harus punya penghasilan sendiri agar suami terbantu. Semua kebutuhan pangan keluarga bisa ditanam di sekitar rumah. Hasilnya bisa dinikmati dan dijual," ujar Yunisra.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Nevi Zuairina memberikan apresiasi kepada TP. PKK Pasbar bersama dinas terkait yang telah membina kelancaran program KRPL dan Kelompok Wanita Tani (KWT) di daerah setempat.

"Kita lihat KWT di sini sudah sangat mandiri. Ini hasil bimbingan PKK," katanya.

Para Ibu rumah tangga, lanjutnya,  harus berhasil memanfaatkan lahan pekarangan baik itu untuk kebutuhan pangan, komersil hingga sebagai sumber obat-obatan keluarga.

"Dengan menanam di lahan pekarangan, kita  bisa hemat, tidak harus membeli sayuran ke pasar. Dan dalam sebulan kita bisa hemat belanja sayuran, uang yang biasanya dipakai buat beli sayur jadi bisa disimpan sebagai tabungan," jelasnya.

Menurut Nevi, program KRPL dan Pokja III PKK adalah program yang tidak pernah tergantikan, sebab kebutuhan pangan merupakan kebutuhan dasar dan tidak dapat ditunda-tunda.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment