Anak Muda Kajai Lestarikan Seni Tradisi

Anak Muda Kajai Lestarikan Seni Tradisi

Kajai, pasamanbaratkab.go.id

Nagari Kajai Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang tergabung dalam group kesenian Bundo Nagari Kajai mengadakan latihan bersama di Aula Kantor Wali Nagari Kajai. Sabtu lalu (24/9). Anggota kelompok itu berjumlah 15 orang yang terdiri dari Rido (talempong), Oki (gitar bas), Ilham(Gendang tasa), Nino (Gendang tambua), Rahmat (Gendang Biasa), Puat (Banzi), Zola (jimbe), Zakaria (Giring-giring), dan diiringi 4 anggota silat serta 4 orang penari pasambahan.

Koordinator kelompok pemuda yang tergabung dalam group Bundo Kesenian Kajai, Oki novrizal (23), mengatakan group kesenian itu didirikan sejak dua bulan lalu. Dalam latihan tersebut, mereka menggabungkan berbagai jenis aliran musik gabungan musik tradisional dan modern. Menurutnya, group kesenian itu memiliki misi untuk melestarikan seni tradisi anak Nagari Kajai ditengah serbuan musik modern. Sehingga, untuk menarik minat masyarakat luas, seni tradisi itu di kolaborasikan dengan musik modern. Salah seorang anggota kelompok, Rido Alfarizi (20), menambahkan mereka melakukan latihan rutin seminggu dua kali.

Sementara PJ Wali Nagari Kajai, ZamZami, didampingi Ketua Karang Taruna Nagari Kajai sekaligus sebagai Pembina group kesenian itu mengapresiasi kreatifitas anak-anak muda yang mendirikan group kesenian tersebut. Pihaknya siap mendukung semua kegiatan kepemudaan selama itu mengandung nilai positif. “Pemerintahan Nagari Kajai telah membantu fasilitas alat musik untuk group ini, berupa satu paket Talempong dan gendang tambua, tasa, dan bansi. Tak tertutup kemungkinan kalau kegiatan ini berlanjut kita akan menguncurkan bantuan yang lebih besar lagi,” ujarnya. (Web)

Share on:

Kaba Nagari lainnya

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar