Potensi Pulau Kecil di Pasaman Barat

Potensi Pulau-Pulau Kecil Pasaman Barat
 

Kabupaten Pasaman Barat selama ini hanya dikenal sebagai kabupaten penghasil sawit terbesar di Propinsi Sumatera Barat. Padahal kabupaten ini mempunyai alam yang sangat indah untuk dinikmati, salah satu yang cukup berpotensi adalah pulau-pulau kecil di Air Bangis.

 

Di Air Bangis  9 pulau yang besar, namun hanya yang satu yang mempunyai perkampungan yaitu Pulau Panjang. Jika anda ingin menikmati Pulau ini diperlukan waktu perjalan dari Pelabuhan Air Bangis ke Pulau Panjang lebih kurang satu Jam. Dipulau Panjang pemerintah daerah Kabupaten Pasaman Barat telah mendirikan penginapan dan deramaga wisata lengkap dengan penerangan pada malam hari. perjalan ini dapat anda nikmati bersama rombongan atau bersama keluarga. Didermaga ini anda bisa menikmati keindahan Sunset, sunrise dan bisa berjalan-jalan beberapa lokasi seperti batu hampa, batu sapuluah maupun batu bajanji.

 

Selain wisata ke Pulau Panjang sebagai tambahan anda bisa menikmati keindahan Bakau yang ada di Pulau Harimau yang merupakan kawasan lindung. Jika ke Pulau lain seperti Pulau Pangkal anda akan lihat pulau yang hijau dengan pasir yang putih, ke Pulau Terlur bagi yang hobby berenang/ snorkling anda bisa berenang di lokasi ini.

 

Jika anda bersama rombongan ada baiknya anda menginap di Pulau Panjang dengan kapal carteran yang bisa membawa anda memancing didepan dermaga pulau panjang. hanya lebih kurang 25 meter dari dermaga terdapat palung laut yang mempunyai cukup banyak ikan.

 

Perkiraan perjalanan/ biaya ke Pulau Panjang bersama rombongan.

Transport Padang/ Bandara - Air Bangis Rp 50.000/org

Sewa Kapal Rp 500.000 - Rp 600.000 / hari maksimal 20-25 org. naik kapal masyarakat Rp 10.000

Penginapan Rp 100.000/ pondok

Makan Rp 15.000/ kali makan

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar