PENGEMBANGAN AGRIBISNIS KELAPA SAWIT

PENGEMBANGAN AGRIBISNIS KELAPA SAWIT

Lokasi Kebun  : Tersebar di seluruh Kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat

Lokasi PKS     : Tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat

Luas Areal       : 150.000 Hektar

Jumlah PKS    : 10 Unit

Status Lahan   : Kebun PBN/PBSN, Kebun Plasma, Kebun KUD dan Kebun Rakyat

Ketersidiaan Bahan Baku                                           : Tersedia

Jarak lokasi Kecamatan Pasaman – Padang            : 175 km

 

Komoditi kelapa sawit selain diusahakan oleh Perusahaan Besar Negara dan Perusahaan Besar Swasta Nasional juga diusahakan oleh petani pekebun sebagai kebun plasma, plasma swadaya dan perkebunan rakyat, dengan kisaran + 80 % Kepala Keluarga (KK) mengusahakannya. Luas areal kelapa sawit tahun 2010 adalah 150.784,59 hektar terdiri dari kebun inti perusahaan besar seluas 54.176,25 hektar dan perkebunan rakyat seluas 96.608,34 hektar yang merupakan kebun plasma / perusahaan seluas 20.195,34 plasma KUD / CV seluas 14.353 hektar da kebun rakyat seluas 62.060 hektar. 

Produksi kelapa sawit (TBS) perkebunan rakyat tahun 2010 sebagian besar dipasarkan dan diolah pada unit pengolahan kelapa sawit  (PKS) yang terdapat di Kabupaten Pasaman Barat dimana produksi CPO untuk tahun 2010 dari luas tanaman yang telah menghasilkan sebanyak 222.488,98 ton.

Peluang investasi pada sub sector agro industry  bias dikelola / diusahakan dengan adanya jaminan bahan baku yang tersedia. Saat ini produksi kelapa sawit di ekspor dan belum dimanfaatkan untuk bahan baku industry hilirnya. Produksi komoditi tersebut dapat menjamin kebutuhan bahan baku refeneri atau minyak goreng.  Dengan adanya bahan baku yang tersedia membuka peluang untuk mendirikan berbagai peluang investasi industry yang dapat dikembangkan di Kabupaten Pasaman Barat. Pabrik / Unit Pengolahan Hasil (UPH) yang menghasilkan produksi barang jadi seperti minyak goreng, sabun belum ada di Pasaman Barat.

Share on:

Komentar

Bravo MH Karlio, MM.
Jl. Abdullah Syafi'ie No. 12 A - Tebet - Jakarta - 12860
Selasa
28 Februari 2012 | 12:45:00 WIB
Kepada Yth. Bapak Bupati Pasaman Barat . Assalam mualaikum Wr Wb . Dengan hormat, Perkenalkan kami dari PT. Agro Indah Permata 21 , Sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang Perkebunan , Produsen Pupuk Cair Organik dan Juga Bidang Kepelabuhan . Kami bermaksud hendak berinvestasi di dalam Pembuatan Pelabuhan yang nanti nya dikhususkan untuk kegiatan Angkutan CPO . jadi yang kami butuhkan adalah pertama lahan untuk pelabuhan dan kedua lahan untuk perkebunan Kelapa Sawit. Kebetulan sekali di Group kami sudah memiliki Badan Usaha Pelabuhan , dimana peran swasta bisa membangun Pelabuhan baik untuk kepentingan sendiri maupun kepentingan Umum . Jadi sangat luar biasa sekali di daerah yang Bapak Pimpin sudah memiliki Airport dan juga nantinya Pelabuhan untuk CPO. Bapak Bupati yang terhormat , besar harapan kami untuk dapat berinvestasi didaerah Bapak . Atas bantuannya sebelum dan sesudah nya kami ucapkan banyak terima kasih . Hormat kami. Bravo MH Karlio, MM. Direktur Utama PT. Agro Indah Permata 21 

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar