POTENSI PARIWISATA

Pasaman Barat memiliki banyak objek wisata, mulai dari wisata alam, wisata bahari sampai wisata sejarah dan ,budaya. wilayah ini merupakan tanah sejuta pesona, pemandangan alam yang mengagumkan, lautan luar dan bertaburan pulau, hamparan pasir putih, dan masyarakat yang bersahaja dengan nilai tradisi yang terjaga.

- Pulau Panjang

Dipulau panjang terdapat 8 pulau kecil dengan pasir putih dengan hamparan luas pohon kelapa dengan airnya yang tenang bisa untuk memancing dan menyelam.

- Pantai Sasak

Pantai sasak di kecamatan sasak ranah pasisie sekitar 18KM dari simpang empat. pantainya indah berpasir putih dan bersih selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena sanset sangat indah.

- Gunung Talamau

Gunung Talamau dengan tinggi 2.974 Mdpi yang merupakan gunung tertinggi di sumatra barat. Gunung ini menjadi tujuan para pendaki gunung dari dalam dan luar negri, keaslian hutannya merupakan daya tarik bagi wisatawan selain dari 13 telaga yang berada diatasnya.

- Pantai Muaro Binguang

Pantai Muaro binguang Berada di kecamatan kinali sekitar 28KM dari ibukota pasaman Barat, disini terdapat perahu-perahu sewaan yang bisa membawa pengunjung ke daratan sebrang. jika pasang surut pengunjung juga bisa berjalan ketengah.

- Tugu Equator

Pasaman Barat juga dilewati garis khatulistiwa , disini terdapat tugu equator yang terletak di pinggir jalan menuju kota padang, inilah tugu garis yang membagi bumi menjadi dua bagian Utara dan selatan. Tidak banyak yang dilewati oleh garis khatulistiwa ini, kabupaten Pasaman Barat adalah sal;ah satuknya.

- Air Terjun Siburai-burai

Air terjun yang berada di kanagarian aua kuniang kecamatan pasaman yang berjarang +- 10 Km dari simpang ampek. air tenjung ini memiliki ketinggian 100m dengan latar hutan hujan tropis yang masih asri.

- Perkampungan tradisional Kajay

perkampungan minang kabau di nagari kajay sekitar 20km dari simpang ampek. Perkampungan tua ini adalah cikal bakal berdirinya adat minang kabu di pasaman barat. Masyarakat di perkampungan ini masih menjaga nilai luhurnya, ditengan perkampungan tradisional kajai ini terdapat 2buah rangkiang dan rumah gadang seperti halnya rumah gadang minang kabau.

- Bendungan Batang Tonga

Bendungan Batang Tonga di kecamatan pasaman untuk irigasi pertanian masyarakat dengan latar perbukitan yang menawan, disini terlihat hamparan gunung talamau yang seakan memagar pasaman Barat.

- Ikan Larangan Lubuak Landua

Ikan larang lubuk landu kecamatan pasaman barat sekitar 10km dari pusat kota, ikan larangan ini dibuat oleh syeh muhammad basyir lubuk landur dipercaya masyarakat tak boleh ditangkap dan dipercaya masyarakat setalah tak boleh ditangkap dan dikonsumsi, disini juga terdapat surau yang dibangun oleh syeh lubak la.

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar