Budidaya Ikan Air Payau Kab.Pasaman Barat

Budidaya Ikan Air Payau Kab.Pasaman Barat

Budidaya Ikan Air Payau

Potensi sumber daya ikan air payau di Kab.Pasaman Barat cukup menampakan hasil, mulai dari pengembangan Tambak Ikan Bandeng, pengembangan Tambak Ikan Nila hingga pengembangan Kepiting Bakau.

1.       Pengembangan Tambak Ikan Bandeng

Budidaya ikan payau juga cocok dan potensi untuk di kembanghkan di kabupapaten Pasaman Barat karena Luasnya lokasi Perairan payau, salah satu komoditi yang cocok adalah ikan bandeng, ikan bandeng dapat dilakukan pengembangannya dibeberapa kecamatan di Pasaman Barat diantaranya Kecamatan Sei. Beremas, Kecamatan Koto Balingka, Kecamatan Sei. Aur, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie dan Kecamatan Kinali.

Ikan bandeng merupakan spesies ikan air payau yang sudah lama dikenal dimasyarakat indonesia dan sudah banyak yang melakukan kegiatan Budidayanya melalui sistem Tambak, tapi untuk di Kabupaten Pasaman Barat komoditi ini belum banyak dikenal karena belum pernah dilakukan pengembangan pembudidayanya oleh pemerintah daearah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan  maupun oleh masyarakat sehingga ikan bandeng boleh dikatakan sebagai komoditi baru untuk perikanan air payau.

Ikan bandeng dipilih sebagai satu komoditi yang baik untuk dikembangkan disebabkan karena spesies ini banyak keunggulannya yaitu antara lain dapat beradaptasi dengan keadaan lingkungan yang mempunyai Pluktuasi kadar garam yang tinggi (euroholine), lebih tahan terhadap penyakit dan virus karena ikan bandeng cepat beradaptasi dengan lingkungan sehingga dapat mengurangi resiko kegagalan bagi pembudidaya. Selain itu ikan bandeng juga dapat diolah menjadi bermacam-macam produk olahan yaitu presto, surimi, sate, bandeng pepes, dan lain-lainl, hal ini juga disebabkan karena stabilny permintaaan pasar lokal terhadap ikan bandeng. Wilayah dan luasnya areal air payau yang sesuai  untuk pengembangan budidaya ikan bandeng membuat Kabupaten Pasaman Barat berpotensi untuk wilayah pengembangan.

No

Lokasi/Kecamatan

Luas Areal (ha)

Potensi Pembudidaya

Keterangan

1.

Kecamatan Sei. Beremas

20 Ha

50 orang

 

2.

Kecamatan Koto Balingka

10 Ha

30 orang

 

3.

Kecamatan Sei. Aur

10 Ha

25 orang

 

4.

Kecamatan Sasak RP

15 Ha

3 orang

 

5.

Kecamatan Kinali

25 Ha

60 orang

 

 

2.       Pengembangan Kepiting Bakau

Kepiting bakau adalah salah satu komoditi perikanan Air Payau yang baik untuk dikembangkan, hal ini sesuai dengan permintaan pasar yang sangat besar. Dari data dibawah dapat dilihat potensi pengembangan sebagai berikut :

No

Luas Lahan (Ha)

Lokasi/Kecamatan

Potensi Produksi

Harga Pasar/Kg

1.

5 Hektar

Jorong Sikabau Kec. Kato Balingka

10 Ton/tahun

25.000

 

2.

4 Hektar

Jorong Mandiangin Kec. Kinali

9 Ton/ Tahun

25.000

 

3.       Pengembangan Tambak Ikan Nila Gift

Nila gift merupakan ikan air Tawar yang dapat dikembangkan di perairan Payau dapat dilihat potensi pengembangannya di beberapa kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat

No

Luas Lahan (Ha)

Lokasi/Kecamatan

Potensi Produksi

Harga Pasar/Kg

1.

3 Hektar

Jorong Katiagan Kec. Kinali

45 Ton/tahun

22.000

 

2.

4 Hektar

Jorong Maligi Kec. Sasak RP

60 Ton/ Tahun

22.000

3.

1 Hektar

Sikabau Kecamatan Koto Balingka

15 Ton/ Tahun

22.000

4.

2 Hektar

Jorong Padang Laban Kecamatan Sasak RP

30 Ton/Tahun

22.000

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar