TPI di Kab.Pasaman Barat

TPI AIR BANGIS

TPI ini yang terdapat di Kecamatan Sei. Bremas adalah salah satu fasilitas  yang  paling menyentuh langsung dengan kehidupan dan perekonomian masyarakat Air Bangis yang berfungsi sebagai :

1. Tempat sandar/Tambat labuh kapal-kapal penangkap ikan

2. Sebagai tempat mendaratkan hasil tangkapan ikan

3. Sebagai tempat menyimpan ikan hasil tangkapan yang akan dipasarkan.

PPI/TPI Air Bangis juga digunakan sebagai tempat penyediaan sarana dan prasarana usaha penangkap ikan, Jarak  PPI/TPI Air Bangis 76 Km dari ibu kota Kabupaten Pasaman Barat dan 250 Km dari Pusat Pemeritahan Provinsi yaitu Kota Padang serta Kab. Madina Prov. Sumatera Utara sekitar 25 mil.

SARANA PENUNJANG TPI

1.       Dermaga

Dengan di lengkapi 1 Unit Dermaga, walaupun hanya dengan panjang 60 m x 5 m dan 20 m x 5 m yang berbentuk huruf T (Gambar terlampir),  berfungsi multi fungsi bagi nelayan Air Bangis diantaranya digunakan sebagai tempat sandar, muat bongkar  ikan hasil tangkapan, tempat perbaikan alat, sarana jual beli ikan hasil tangkapan dll.

Alat Tangkap Gil Net Sandar di Dermaga PPI/TPI Air Bangis

2.       PPI/TPI

Luas PPI/TPI adalah 8.885 M2 yang terdiri dari beberapa bangunan yang digunakan oleh nelayan untuk berbagai aktivitasnya dalam proses penanganan ikan sampai pada proses pemasaran yang difasilitasi berbagai ruangan diataranya : Ruang Tempat pelelangan ikan, Ruang kantor petugas, Rumah Dinas Kedai pesisir, Gudang Es, Ruang Packing ikan, Kedai-kedai minuman, Ruang perbaikan alat tangkap, pos penarikan retribusi, work shop, dll

3.       Gudang Es

Karena  suplai Es batang/balok Air Bangis masih didatangkan dari Kab. Padang Pariaman dan Kota Padang PPI/TPI Air Bangis dilengkapi 2 unit gudang es dengan ukuran 3 m  x 3 m x 2 m yang berfungsi untuk menyimpan Es sebagai bahan dalam aktivitas penanganan ikan, dengan kapasitas es yang dapat ditampung sebanyak 300 Batang atau  15 Ton/Unit gudang Es.

4.       Work Shop

Terdapat 1 Unit ruangan yang berfungsi sebagai work shop untuk perbaikan mesin kapal dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk kegiatan kapal ikan. Peralatan peralatan work shop oleh Dinas koperindag dibantu oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia tahun anggaran 2010

5.       Ruang Perbaikan Alat

Satu unit ruang perbaikan alat yang berukuran 8 m x 6 m dapat digunakan oleh nelayan untuk memperbaiki alat tangkap yang rusak setelah melakukan operasi penangkapan ikan, ruangan ini hanya dapat menampung 5 - 10 orang nelayan, dibandingkan dengan jumlah nelayan, ruangan ini sangat terbatas banyak nelayan yang memperbaiki alat tangkap diatas dermaga, diatas perahu/kapal masing-masing bahkan ada yang memperbaiki alat dirumah karena kekurangan tempat di areal PPI/TPI.hal ini selalu terjadi setiap harinya dalam arti kata nelayan yang cepat pulang dari laut yang akan memperbaiki alat tangkapnya yang dapat menikmat fasilitas yang ada.

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar