Potensi Koperasi, Industri Dan Perdagangan Dinas KOPERINDAG

Potensi Koperasi, Industri Dan Perdagangan Dinas KOPERINDAG

 

Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Koperindag) memiliki visi yaitu;  membangun gerakan ekonomi kerakyatan menuju masyarakat sejahtera dan mandiri. Sedangkan misi yang dimilikinya yaitu:

1.   Meningkatkan Pembangunan dan Pengembangan Usaha – usaha Ekonomi Produktif, Keratif dan Inovatif Melalui Industri Kecil Menengah dan Industri Kecil Rumah Tangga (IKM dan IKRT)

2.   Mengembangkan Lembaga Koperasi Berbasis Nagari dengan Pola Syari’ah Sebagai Mitra IKM dan IKRT

3.   Mengembangkan Koperasi Berbasis Gender ( Kopwan ) dengan Pola Syari’ah

4.   Meningkatkan Peoduktivitas Hasil Industri Rumah Tangga / IKM dan IKRT (Home – home Industri – Handy Craft ) yang Berorientasi Prosedur dan Kompetitif

5.   Meningatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia Aparatur dan Pelaku IKM dan IKRT dan Lembaga – lembaga Ekonomi di Nagari ( Koperasi dan Kopwan ) Kearah Profesional dan Mandiri

6.   Meningkatkan Sarana dan Prasarana Pasar Nagari / Pasar Tradisional sebagai Pusat Kegiatan Perekonomian Masyarakat di Nagari.

 

Koperasi yang ada di Kabupaten Pasaman Barat berjumlah 180 unit, dengan pembagian Koperasi yang ada di Kabupaten Pasaman Barat :

1.    Koperasi serba usaha (KSU)

2.    Koperasi Unit Desa (KUD)

3.    Koperasi simpan pinjam (KSP)

4.    Primkopabri

5.    KPN

6.    Koperasi Perkebunan (Kopbun)

7.    Kopontren (Koperasi pesantren)

8.    Koperasi pertanian (koptan).

Dinas koperindag mengelola pasar yang ada dikabupaten pasaman barat sebanyak 39 buah, yang tersebar di kecamatan pasaman sebanyak 4 unit, Kinali 5 Unit, Talamau 3 Unit, Luhak Nan Duo 2 Unit, Gunung Tuleh 3 Unit, Sungai Aua 7 Unit, Sasak 1 Unit, Lembah Melintang 2 Unit, Kotobalingka 6 Unit, Ranah Batahan 5 Unit dan Sungai Beremas 1 Unit. Saat ini bidang perdagangan sudah mulai merancang pasar modern di Simpang Empat.

Industri kecil menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Pasaman Barat:

1.  Sei beremas kabupaten pasaman barat antara lain :1. Pengolahan ikan kering  yang didukung oleh pabrik es( bantuan kementerian perindustrian RI),bengkel kapal nelayandll; 2. Sulaman indah; 3.Sulaman benang emas.

2.  Ranah Batahan yaitu 1. Pengolahan kacang kedele ( tahu, tempe );2. Pengolahan coklat

3.  Lembah melintang kabupaten pasaman barat antara lain :1. Galamai; 2. Bordir; 3. Modlin

4.  Sei aur antara lain : Sapu ijuk;  Bordir; Pupuk organik

5.  Lembah Melintang  antara lain :Bordir;Modling dan bahan kom

6.  Talamau antara lain :1. Rendang kacang; 2. Pisang salai; 3. Bubuk kopi; 4.  Sapu iju; 5.  Kerajinan rotan.

7.  kinali antara lain : 1.  Galamai 2. Batu bata ; ( alat pencetak batu bata) merupakan bantuan dari kementerian perindustrian RI;  3. Kue kakareh; 4. Pengolahan kacang kedele  ( tahu, tempe );   5. Ikan salai

8.  Luhak Nan Duo kabupaten pasaman barat antara lain : 1.  Kerupuk ikan; 2. Kristal jahe; 3.  Emping jagung; 4.  Galamai jagung. 

9.  Sasak ranah pasisie kabupaten pasaman barat antara lain : 1. Lele asap;  2. Ikan kering.

10. Pasaman antara lain :1. Minyak atsiri ( alat suling nilammerupakan bantuan dari kementerian  perindustrian RI)2. Emping jagung3. Tojin jagung 4.  Kue sapik jagung

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar