Tupoksi Dinas Pertambangan dan Energi

Tupoksi

Tugas Pokok Dinas Pertambangan dan Energi adalah :

1. Melakukan inventarisasi terhadap potensi pertambangan dan energi mineral serta bahan – bahan tambang lainnya, mineral,             industri dan konstruksi serta air permukaan dan air bawah tanah.

2. Melakukan pembinaan terhadap potensi pertambangan dan energi, sumber mineral untuk menghasilkan nilai tambah yang tinggi     dalam kerangka otonomi daerah.

3. Menyiapkan bahan koordinasi dan pelaporan bidang pertambangan dan energi, mineral serta bahan tambang lainnya.

4. Menyiapkan bahan-bahan perumusan kebijakan pertambangan dan energi, mineral dan bahan tambang lainnya dalam rangka           peningkatan PAD.

5. Melakukan penertiban kuasa pertambangan (KP), perjanjian perusahaan, kontrak kerja, surat ijin pertambangan daerah (SIPD),       surat izin pertambangan rakyat (SIPR) yang tidak aktif.

6. Melakukan pembinaan teknis produksi komoditi tambang sesuai dengan permintaan Pasar dan meningkatkan kualitas komoditi       tambang yang akan diterima di pasar internasional.

7. Menyiapkan bahan koordinasi pertambangan dan energi, mineral serta bahan tambang lainnya untuk dibahas bersama-sama           dengan instansi terkait.

 

Fungsi Dinas Pertambangan dan Energi adalah :

1.     Perumusan kebijakan teknis di bidang pertambangan dan energi.

2.     Penyelenggaraan urusan pemerintah dan pelayanan umum di bidang  pertambangan dan energi.

3.     Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pertambangan dan energi meliputi bidang program, pengusahaan mineral,batuan         (logam/bukan logam), pengembangan energi, sumber air dan pengawasan, migas dan listrik.

4.     Pembinaan terhadap Urusan pelaksana Teknis.

5.     Pengelolaan urusan katatausahaan dinas

6.     Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar