Sejarah

Kabupaten Pasaman Barat merupakan kabupaten termuda di Provinsi Sumatera Barat bersama-sama dengan Kabupaten Solok Selatan, dan Dharmasraya. Kabupaten Pasaman Barat dimekarkan dari  Kabupaten Pasaman berdasarkan Undang-undang No. 38 tanggal 18 Desember Tahun 2003. Legalitas formal (peresmian) berdirinya Kabupaten Pasaman Barat dilakukan pada  tanggal 7 Januari 2004 di Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri bersama 24 Kabupaten lainnya di Indonesia, sehingga tanggal 7 Januari tersebut ditetapkan sebagai hari ulang tahun berdirinya Kabupaten Pasaman Barat.

Batas Wilayah

Kabupaten Pasaman Barat secara geografis terletak antara koordinat 00°33” LU sampai dengan 00°11” LS dan 99°10” BT sampai dengan 100°04” BT dengan batas wilayah sebagai berikut:

Sebelah Utara    : Kabupaten Mandailing Natal dan Provinsi Sumatera Utara
Sebelah Selatan  : Kabupaten Agam dan Kabupaten Pasaman
Sebelah Timur    : Kabupaten Pasaman
Sebelah Barat    : Lautan Samudra Indonesia

Kabupaten Pasaman Barat memiliki daratan seluas  3.887,77 Km², sedangkan luas laut sesuai dengan batas administrasi laut seluas 4 Mil dari darat yaitu seluas 1126,016 Km² (ZEE kabupaten) dan pada batas administrasi laut provinsi seluas 12 Mil dari darat yaitu seluas 3378,048 Km² (ZEE  provinsi yang juga dimanfaatkan Kabupaten untuk untuk usaha ekonomi).

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar