Geografis

Geografis

Secara Geografis  Kabupaten Pasaman Barat terbentuk dari bentuk lahan struktural, vulkanik, fluvial,  marin, dan lain-lainnya, sehingga kemiringan lerengnya menjadi  bervariasi. Sebagian besar bentukan lahannya berbentuk dataran sampai bergelombang dan sisanya berbentuk perbukitan dan pegunungan. Dengan kondisi geomorfoligis tersebut menyebabkan topografi wilayahnya  juga bervariasi yaitu mulai dari 0  sampai   2.912 meter  dpl. Disamping itu, Kabupaten Pasaman Barat juga memiliki pulau-pulau yang juga berpotensi untuk dikembangkan. Sedangkan  bentukan lahan  perbukitan dan pergunungan hampir sebagian besar terdapat  pada bagian timur wilayah.

Kabupaten Pasaman Barat merupakan daerah yang dilalui garis khatulistiwa yang terletak antara 0 03'Lintang Utara - 0 11'Lintang Selatan dan antara 99 10'- 100 04' Bujur Timur dengan luas wilayah sekitar 3.887,77 Km2 atau 9,29 % dari luas wilayah propinsi Sumatra Barat serta memiliki luas lautan seluas 800,47 Km2 dengan panjang garis pantai 152 km.

Kabupaten Pasaman Barat terletak pada ketinggian antara 0 - 2.912 meter diatas permukaan laut. Gunung tertinggi di kabupaten Pasaman Barat yaitu Gunung Talamau dengan ketinggian 2.912 meter di atas permukaan laut.

Secara administratif, Kabupaten Pasaman Barat terdiri dari 11 kecamatan dan 19 nagari dengan batas wilayah :

- Bagian Utara       : Kabupaten Mandailing Natal, Propinsi Sumatra utara

- Bagian Timur      : Kabupaten Pasaman

- Bagian Selatan    : Kabupaten Agam

- Bagian Barat       : Samudera Indonesia

Kecamatan terluas di Kabupaten Basaman Barat adalan Kecamatan Pasaman dengan luas 508.93 Km2 (13.09 %). Dan Kecamatan Sasak Ranah Pasisie merupakan wilayah yang terkecil yakni tercatat hanya 123.71 Km2 (3.18 %)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar