Sistem Informasi Rumah Rusak dan Rawan Bencana (SI-RAHWANA)

g_inovasi

125

g_inovasi

125

g_inovasi

125

01/07/2024

Disperkimtan

Kilas balik mengingat Gempa bumi berkekuatan M 6,1 yang mengguncang Pasaman Barat pada Jumat (25/2/2022) meninggalkan duka yang mendalam bagi Pasaman Barat,. terkususnya  bagi warga Kecamatan Pasaman, Talamau dan Kinali, Puluhan warga Pasaman Barat luka-luka baik berat maupun sedang dan ringan akibat gempa yang melanda daerah tersebut.

Puluhan rumah rata dengan tanah, ini sebuah catatan penting bagi Pemerintah Kab. Pasaman Barat Terkusus Dinas Perumahan,Kawasan Pemukiman dan Pertanahan yang Merupakan Tugas dan Fungsinya serta peranannya sebagai Organisasi Pemerintah Daerah Kab. Pasaman Barat dalam hal siagap dalam melakukan pendataan serta pembagunan perbaikan terhadap rumah yang mengalami kerusakan. Guna mendukung penyelenggaraan tersebut sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat secara lengkap, akurat mudah dan cepat serta Mengefisiensikan waktu sesuai dengan regulasi Permenpan RB Nomor 5 tahun 2018 mengenai Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik diundangkan pada tanggal 24 Januari 2018 dan tercatat dalam Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 154. Sementara itu Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik diundangkan pada 5 Oktober 2018 dan tercatat dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 182 dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Pemerintah Daerah melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Pasaman Barat, yang didasari dengan Surat Keputusan Bupati Pasaman Barat Nomor : 100.3.3.2/1034/BUP-PASBAR/2023 tentang Penetapan Inovasi Daerah :

Sistem Informasi Rumah Rusak dan Rawan Bencana,(SI-RAHWANA)

Aplikasi ini dirancang dengan tujuan utama untuk memberikan informasi real-time tentang situasi bencana kepada masyarakat sekitar. Fitur utama dari aplikasi ini meliputi:

  1. Pemetaan dan Identifikasi Zona Rawan Bencana: Aplikasi ini dilengkapi dengan sistem pemetaan yang memetakan wilayah-wilayah yang rentan terhadap bencana tertentu, seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan lain sebagainya. Pengguna dapat dengan mudah melihat status zona rawan
  2. Peringatan Dini dan Notifikasi: Melalui aplikasi ini, pengguna akan menerima peringatan dini secara cepat dan tepat waktu ketika terjadi ancaman bencana. Notifikasi akan disesuaikan dengan jenis bencana yang mungkin terjadi di lokasi mereka berada.
  3. Peringatan Dini dan Notifikasi: Melalui aplikasi ini, pengguna akan menerima peringatan dini secara cepat dan tepat waktu ketika terjadi ancaman bencana. Notifikasi akan disesuaikan dengan jenis bencana yang mungkin terjadi di lokasi mereka berada.
  4. Edukasi dan Penyuluhan: Selain memberikan informasi tentang situasi bencana saat ini, aplikasi ini juga menyediakan sumber daya edukatif tentang langkah-langkah pencegahan, evakuasi, dan tindakan darurat yang harus diambil ketika menghadapi bencana tertentu. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan persiapan masyarakat dalam menghadapi risiko bencana.
  5. Pelaporan dan Keterlibatan Masyarakat: Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk melaporkan situasi bencana yang mereka alami secara langsung, sehingga dapat memberikan informasi yang lebih akurat kepada pihak-pihak terkait seperti badan penanggulangan bencana dan layanan darurat.
  6. Monitoring dan Evaluasi: Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk memantau perkembangan situasi bencana dari waktu ke waktu. Hal ini membantu dalam evaluasi dan perencanaan mitigasi bencana di masa depan.

Aplikasi Sistem Rumah Bencana dan Rawan Bencana ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan respons terhadap bencana secara efektif, tetapi juga untuk membantu membangun komunitas yang lebih tangguh dan siap menghadapi ancaman alam. Dengan adanya teknologi ini, diharapkan kerugian dan dampak sosial yang diakibatkan oleh bencana dapat diminimalkan, sehingga masyarakat dapat hidup dalam lingkungan yang lebih aman dan terlindungi.

Aplikasi ini dapat diakses melalui Tautan  berikut : https://sirahwana.dpkp.pasamanbaratkab.go.id/

Tanggal Awal Inovasi : 2023-12-29

Copy Link :