Dinas Pendidikan Minta Kegiatan Pesantren Ramadhan SD dan SMP Pasaman Barat Dilaksanakan di Masjid Terdekat Dengan Sekolah

By administrator 23 Mar 2023, 18:28:00 WIB 458 x dilihat Berita Utama

Berita Terkait

Berita Populer

Dinas Pendidikan Minta Kegiatan Pesantren Ramadhan SD dan SMP Pasaman Barat Dilaksanakan di Masjid Terdekat Dengan Sekolah

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Agusli.


Pasbar, pasamanbaratkab.go.id--  Ramadhan adalah bulan mulia, bulan ampunan, bulan penuh dengan amalan yang ganjaran pahalanya dijanjikan berlipat ganda.

Dalam mengisi waktu belajar pada bulan ramadhan 1444 H/ 2023 M, sesuai Instruksi Gubernur Sumatera Barat Nomor 451/ 309/ KP15-2023 tanggal 20 Februari 2023, bahwa kegiatan proses belajar mengajar pada bulan Ramadhan dilaksanakan di masjid terdekat dengan sekolah.

Instruksi Gubernur Sumatera Barat yang mengarahkan pelaksanaan Pesantren Ramadhan dilaksanakan di masjid terdekat dengan sekolah atau bukan di sekolah, bertujuan untuk lebih mendekatkan siswa dengan masjid dan diharapkan siswa setelah ramadhan terbiasa ke masjid untuk beribadah dan sholat berjama'ah.

Menindaklanjuti instruksi Gubernur Sumbar sehubungan dengan pelaksanaan proses belajar mengajar berupa pelaksanaan pesantren ramadhan tersebut, sebelum pelaksanaan kegiatan pesantren ramadhan dimulai, Dinas Pendidikan Pasaman Barat telah melaksanakan rapat koordinasi dengan korwil kecamatan, pengawas, MKKS SMP Pasaman Barat dan koordinasi dengan Kacabdin pendidikan provinsi wilayah Pasaman dan Pasaman Barat. 

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi menyatakan bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan di SD dan SMP selaras dengan program unggulan Pemda Pasbar, karena itu ia meminta kepada sekolah dan unsur terkait serta masyarakat agar mendukung suksesnya kegiatan ini.

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat Agusli menyampaikan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar atau Pesantren Ramadhan tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama akan dilaksanakan mulai pada tanggal 25 Maret sampai 17 April 2023.

Materi atau kurikulum pesantren ramadhan akan disajikan berupa pematangan praktek-praktek ibadah, pelaksanaan sholat dhuha, sholat zuhur berjamaah untuk siswa. Membaca Al-Qur'an/ Tahfizh Al-Qur'an dan lomba lomba atau cerdas cermat materi keagamaan.

"Sengaja kita arahkan materi pesantren ramadhan pada pematangan praktek ibadah, karena kita lihat masih banyaknya siswa SD dan SMP yang kurang sempurna dalam melaksanakan praktek ibadah. Hal dimaksud seperti bagaimana berwudhu, melaksanakan sholat fardhu, sholat dhuha, sholat jama', sholat qashar, sholat jenazah dan berdoa setelah sholat," jelas Agusli.

Ia juga menyampaikan bahwa ini merupakan inovasi awal tentang Pesantren Ramadhan. Untuk itu diharapakan dukungan dari semua pihak agar berjalan sukses dan bermanfaat bagi siswa.

"Tentunya agar sukses kegiatan ini dan bermanfaat banyak bagi siswa, perlu kerja sama yang baik, serta dukungan dari orang tua siswa, pengurus masjid, da'i nagari, niniak mamak, tokoh masyarakat, unsur  kejorongan, Wali Nagari dan camat," katanya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

UPDATE INFO GEMPA
Bencana Gempa 25 Februari 2022 Pasaman Barat


KONDISI PERHARI


Sumber: Bagian Keposkoan dan Data,Posko Utama, Rumah Dinas Bupati Pasaman Barat



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Menurut Anda Perubahan Website Baru
  Tidak
  Bagus

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video

STATISTIK PENGUNJUNG


    24 Online

    400 Visitor Today

    11650 Hits Today

    432940 Total Visit