Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Di SMAN 2 Pasaman
Titi Hamsuardi: Pentingnya Perlindungan Terhadap Kaum Perempuan

By administrator 20 Jan 2023, 17:08:00 WIB 93 x dilihat Berita Utama

Berita Terkait

Berita Populer

Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Di SMAN 2 Pasaman

Pasbar, pasamanbaratkab.go.id--  Perlindungan hak-hak bagi kaum perempuan dan anak menjadi sangat penting karena kaum perempuan dan anak sering kali mengalami ragam bentuk diskriminasi. Tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak berdampak buruk terhadap masa depan generasi muda dan juga merupakan salah satu tindakan yang melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua P2TP2A Titi Hamsuardi saat menghadiri sekaligus menjadi narasumber dalam acara sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, yang digelar di SMA Negeri 2 Pasaman, Jumat (20/1). 

"Saat ini kekerasan tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa namun juga dilakukan oleh anak-anak, baik dalam bentuk kekerasan, ancaman, penganiayaan dan lainnya, sehingga dapat mempengaruhi mental si anak,"ucap Titi Hamsuardi.

Selain itu lanjutnya, beberapa bentuk kekerasan terhadap perempuan, diantaranya kekerasan fisik, psikis, dan penelantaran. Sedangkan kekerasan bagi anak yakni kekerasan seksual, penganiayaan serta pornografi. 

“Salah satu perlakuan diskriminasi terhadap perempuan adalah kekerasan berbasis gender yang dialami oleh perempuan berupa kekerasan seksual, kekerasan fisik," ucap Titi Hamsuardi.

Untuk itu ia menegaskan kepada para guru, tenaga pendidik yang bertanggung jawab terhadap pendidikan anak di sekolah, serta orang tua agar memegang peranan penting dalam mendampingi dan mendidik anak di kehidupan sehari-hari. 

"Didikan orang tua dan guru harus sejalan, agar anak memiliki moral, etika, dan perilaku yang baik," ucapnya.

Disamping itu ia juga menegaskan, apabila terjadi tindak kekerasan di lingkungan keluarga atau di sekolah agar dapat melaporkan ke P2TP2A Pasbar yang merupakan Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak di Kabupaten Pasbar. 

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Pasaman, Rika Krisna Tilova menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi anak-anak, karena kekerasan dapat terjadi dimana saja. Selain itu, melalui kegiatan ini  juga dapat menambah ilmu bagi guru dan murid SMA Negeri 2 Pasaman.

"Pencerahan sangat pentingnya untuk mengantarkan masa depan anak-anak kita karena anak-anak merupakan aset, masa depan dan harapan bangsa. Untuk itu kita harus menyelamatkan anak-anak sejak dini. Terima kasih atas masukan dan ilmu yang diberikan oleh Ketua P2TP2A kepada Kami," ucap Rika Krisna Tilova.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

UPDATE INFO GEMPA
Bencana Gempa 25 Februari 2022 Pasaman Barat


KONDISI PERHARI


Sumber: Bagian Keposkoan dan Data,Posko Utama, Rumah Dinas Bupati Pasaman Barat



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Menurut Anda Perubahan Website Baru
  Tidak
  Bagus

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video

STATISTIK PENGUNJUNG


    28 Online

    568 Visitor Today

    10616 Hits Today

    381676 Total Visit