Luncurkan Ksatrio Sirancak Pemkab Pasbar Teken MoU Dengan Pengadilan Negeri

By Tim Peliput Diskominfo Pasaman Barat 24 Mar 2020, 09:42:00 WIB Berita Utama
Luncurkan Ksatrio Sirancak Pemkab Pasbar Teken MoU Dengan Pengadilan Negeri

pasamanbaratkab.go.id--  Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat bersama Pengadilan Negeri Pasaman Barat melakukan penandatanganan MoU kerja sama Pelayanan Terpadu Secara Elektronik Aplikasi, Eraterang, E-Court, Diva, dan Siak (Kasatrio Sirancak), yang digelar Pada Senin, (23/3) di Pengadilan Negeri Pasbar.

Pelayanan Ksatrio Sirancak adalah Pelayanan yang dapat memudahkan masyarakat saat mengajukan permohonan. Dengan ini, masyarakat tidak perlu lagi datang ke Pengadilan Negeri, hanya cukup datang ke kantor camat setempat dan membawa persyaratan Permohonan, Foto Copy KTP suami istri,Foto Copy KK, Foto Copy Akta Nikah , Nomor Rekening, Email yang aktif dan No HP.

Selanjutnya pihak Petugas camat yang ditunjuk akan melakukan verifikasi data, jika lengkap maka petugas camat akan meneruskan data tersebut via email (data scan pdf) selanjutnya pengadilan akan membuatkan akun pemohon tersebut.

Selanjutnya melalui petugas camat akan menginput data pemohon ke aplikasi ECourt. Dan dilakukan pembayaran oleh pemohon sehingga pemohon tersebut terdata pada aplikasi Ecourt dan SIPP Pengadilan Negeri Pasaman Barat selanjutnya diproses di Pengadilan Negeri Pasaman Barat dan dilakukan Pemanggilan secara elektronik dan dilaksanakan Persidangan. Selanjutnya akan diberikan penetapan dan dinas dukcapil pada hari yang sama akan memberikan Produk Capilnya (KTP, KK dan AKTE).

Dalam Amanatnya Bupati Pasaman Barat Yulianto menyampaikan sangat mendukung penuh kegiatan yang di motori oleh Pengadilan Negeri Pasaman Barat dan akan menyiapkan sarana dan prasarana terutama dinas dukcapil dan para camat se-kabupaten Pasaman Barat.

"Hal Ini perlu kita dukung, apa lagi demi kemajuan dan mencakup masyarakat banyak. Semoga dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat ." Ujar Yulianto

Sementara itu, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Padang YULMAN,SH. MH, juga Menyampaiakan apresiasinya kepada Pengadilan Negeri (PN) Pasaman Barat. Karena menurutnya Pengadilan Negeri Pasbar merupakan pengadilan yang memiliki banyak inovasi.

"Kami Pengadilan Tinggi memberikan apresiasi kepada Pengadilan Negeri Pasbar. Kami juga akan usulkan PN Pasbar zona integritas ke menpan RB. Semoga aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat bisa terbantu. Kepada Bupati Pasbar terima kasih atas supportnya selama ini kepada PN pasaman barat semoga bapak sehat selalu dan sukses," ungkap Yulman

Selain itu, Ketua Pengadilan Negeri Pasbar, Aries Sholeh Efendi SH. MH menjelaskan Sebagai amanat perda no 1 tahun 2019 tentang persidangan secara elektronik maka Pengadilan Negeri Pasaman Barat akan turun ke langsung ke daerah-daerah untuk melakukan sidang keliling agar masyarakat kabupaten Pasaman Barat khususnya yang tidak bisa ke Kantor Pengadilan dapat terbantu.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment