Sampaikan Nota Pengantar KUA-PPAS 2021, Pemkab Pasbar Tetapkan Sejumlah Prioritas

By Tim Peliput Diskominfo Pasaman Barat 19 Okt 2020, 09:51:48 WIB Berita Utama
Sampaikan Nota Pengantar KUA-PPAS 2021, Pemkab Pasbar Tetapkan Sejumlah Prioritas

pasamanbaratkab.go.id-- Pjs. Bupati Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Hansastri menyampaikan nota pengantar KUA-PPAS pada sidang paripurna ke 21 masa sidang pertama DPRD Pasbar di aula gedung DPRD, Jum'at (16/10/2020).

Dalam kesempatan tersebut Hansastri menyampaikan sejumlah pembangunan prioritas APBD Tahun Anggaran 2021.

"Dalam rangka pembangunan Pasbar kedepan, telah disusun rancangan kebijakan umun APBD 2021 yang merupakan implementasi dari hasil penjaringan aspirasi dan kebutuhan masyarakat," ujar Hansastri.

Disampaikannya, dengan memperhatikan sinkronisasi kebijakan pemerintah pusat dan gambaran kemajuan yang dicapai pada tahun 2019 dan 2020, berdasarkan RPJMD Tahun 2016-2021 sejumlah kebijakan prioritas telah ditetapkan diantaranya: 

Pertama pembangunan kualitas sumber daya manusia, pembangunan pendidikan dan kesehatan yang berwawasan kependudukan dan kesetaraan gender. Kedua, pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana wilayah. Ketiga, peningkatan kedaulatan panga , agroindustri dan kemaritiman. Keempat, pemberdayaan koperasi, IKM dan UMKM. Kelima, pengembangan perdagangan, investasi, jasa, pariwisata dan industri kreatif melalui peningkatan kualitas tenaga kerja. Keenam, penerapan tata kelola pemerintahan yang baij dan reformasi birokrasi.
Ketujuh, pembangunan wilayah yang berkeadilan sesuai dengan penataan ruang. Selanjutnya Kedelapan, pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, penegakan hukum, ketertiban, keamanan dan linmas.

"Untuk keberpihakan APBD terhadap kepentingan masyarakat diwujudkan dengan program pembangunan yang menyentuh langsung pada kepentingan masyarakat," tutur Hansastri.

Ia menyebutkan, diantara kebijakan yang dimaksud adalah peningkatan kualitas pendidikan dan mengakomodir belanja pendidikan lebih dari 20%, peningkatan derajat kesehatan masyarajat melalui layanan kesehatan dasar dengan mengalokasikan belanja bidang kesehatan lebih dari 10 %.

Seterusnya, penanganan dan pemulihan wabah pandemi COVID-19 dengan meningkatkan layanan kesehatan berbasis protokol COVID-19, menyediakan sarana penunjang new normal serta mempersiapkan bantuang langsung bagi masyarakat yang terdampak COVID-19.

"Alokasi belanja terkait kebutuhan langsung masyarakat juga diperbanyak, percepatan pembangunan daerah tertinggal, peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan sumber daya manusia, pembangunan bidang keagamaan, peningkatan pembangunan wilayah dalam rangka persiapan tuan rumah Porpor 2021 dan upaya pendekatan pelayanan pemerintah melalui pematangan penataan nagari," papar Hansastri.

Diakhir, Hansastri menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan DPRD beserta segenap anggota dan berharap dukungan dan kerjasama dalam menjalankan masa tugas di Pasbar.

Turut hadir, Ketua DPRD Pasbar diwakili Endra yama Putra, Sekda Pasbar, Yudesri, para asisten, kepala OPD, Kepala Bagian dan Camat se-Pasbar.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment