Bersepeda Selama Satu Tahun Satu Bulan
Yulianto: Ini Adalah Warisan Bangsa Kita

By Tim Peliput Diskominfo Pasaman Barat 19 Feb 2021, 11:28:13 WIB Berita Utama
Bersepeda Selama Satu Tahun Satu Bulan

pasamanbaratkab.go.id-- Bupati Kabupaten Pasaman Barat Yulianto menyambut kehadiran Mbah Bejo Asal Bulungan, Janjung Selor Kalimantan Utara yang melakukan perjalanan selama satu tahun satu bulan dengan menggunakan sepeda onthel hingga sampai di Bumi Tuah Basamo, Selasa (9/2/2021) di kantor bupati.

Dengan aksi perjalanan yang telah dilakukan Mbah Bejo (54), Bupati Yulianto memberikan Apresiasi dengan menyerahkan piagam penghargaan yang didampingi oleh Jasran, Ketua Komunitas Ontel Kuno (KOK) Pasbar, dan Bahrul Ulum Ketua Kompax Pasbar, di Lobi kantor bupati.

"Selamat datang di Bumi Tuah Basamo kepada Mbah Bejo. Terima kasih sudah memberdayakan bersepeda karena ini adalah warisan bangsa kita. Kepada Mbah Bejo semoga sukses," kata Bupati Yulianto saat menyerahkan Piagam.

Mbah Bejo menjelaskan Jelajah Nusantara Paguyuban Onto Seno sepeda onthel tersebut mulai Ia lakukan pada tahun lalu 10 Januari 2020.

"Dari Kalimantan Utara saya berangkat bulan Januari tanggal 10 tahun lalu. Allhamdulillah berkat dukungan dari komuniti dan komunitas sepeda yang ada, saya bisa sampai di Pasaman Barat ini," Jelas Mbah Bejo usai menemui bupati.

Perjalanan tersebut dilakukan Mbah Bejo untuk menjalin silaturahmi dengan komunitas sepeda di seluruh Indonesia serta melestarikan budaya nenek moyang terdahulu dengan melakukan perjalan dengan menggunakan sepeda.

"Misi saya ini adalah selain untuk menjalin silaturahmi juga untuk menyapa Komunitas Sepeda Onthel Nusantara yang ada di seluruh Indonesia. Saya Berharap jangan sampai besi tua (sepeda) ini sampai punah. Semoga dengan adanya Jelajah Nusantara ini bisa mengingatkan kepada masyarakat untuk kembali menunggani sepeda,"ungkap Mbah Bejo.

Selama satu tahun satu bulan perjalanan tersebut, Mbah Bejo telah melalui kota Makasar, Sulawesi, Halmahera, Soorong, Papua, Ambon, Surabaya dan kota lainnya hingga sampai di Kabupaten Pasaman Barat. Ia akan melanjutnya perjalanan menuju menuju Nias, Sumut dan terakhir menuju Titik 0 di Banda Aceh.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment