Bupati dan Wakil Bupati Pasbar Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Kemendagri

By Tim Peliput Diskominfo Pasaman Barat 14 Jun 2021, 15:26:17 WIB Berita Utama

Berita Terkait

Berita Populer

Bupati dan Wakil Bupati Pasbar Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Kemendagri

pasamanbaratkab.go.id-- Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto, mengikuti pembekalan kepemimpinan yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) bagi Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali Kota Tahun 2021. Kegiatan digelar selama lima hari mulai 14 sampai 18 Juni 2021 di kantor bupati setempat.

Pembekalan kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri yang digelar secara tatap maya atau Virtual tersebut dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Senin (14/6/2021). Mendagri meminta kepada para Bupati/Walikota untuk menjalankan program pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

"Dimasa pandemi Covid-19 ini banyak menuai perubahan baik di bidang kesehatan, ekonomi maupun bidang lainnya, hal ini mempengaruhi dan merubah banyak skenario. Sehingga Kepala Daerah memiliki PR yang berat untuk menembus garis krisis yang ada sejak pandemi ini. Untuk itu, Seluruh kepala daerah harus mampu menjalankan program pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi," kata Mendagri Tito Karnavian

Pengendalian Covid-19 itu, Lanjutnya, melalui empat indikator, yakni pengendalian angka positif, Bed Occupancy Rate (BOR), recovery rate atau angka kesembuhan yang tinggi, serta tingkat kematian atau angka kematian yang rendah.

Empat indikator pengendalian Covid-19 diharapkan dapat menjadi pedoman oleh kepala daerah dalam mengendalikan penularan Covid-19 di wilayah masing-masing.

Dalam kesempatan itu, pengendalian ekonomi juga menjadi penekanan khusus oleh Mendagri. Dengan pengendalian ekonomi, diharapkan dapat meningkatkan uang atau penghasilan di masyarakat sehingga daya beli masyarakat menjadi menguat.

Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa pembekalan kepemimpinan juga merupakan amanah dalam melakukan pengembangan SDM, khususnya berkaitan dengan tugas pelaksanaan pemerintahan daerah. Salah satunya dengan penguatan kemampuan seorang kepala daerah.

"Kepala Daerah harus sigap dalam pengambilan keputusan atau pembuatan kebijakan daerah. Menguatkan leadership seperti membangun hubungan baik dengan provinsi agar program yang akan dijalankan bisa sejalan untum membangun apapun di daerahn masing-masing.

Selain membangun hubungan baik dengan provinsi, kepala daerah juga diminta untuk membangun hubungan baik dengan Forkopimda, agar urusan pemerintahan dapat berjalan dengan baik menyangkut hal yang harus tuntaskan.

Ia menambahkan, seorang pimpinan daerah perlu memahami tentang segala aspek seperti manajemen pemerintahan, dasar administrasi pemerintahan dan keuangan, Undang-undang, manajemen SDM, dan kemampuan personal serta leadership.

"Kepala daerah harus lebih sigap dalam mengambil keputusan dan menguatkan kepimpinan agar proses jalannya pemerintahan dapat dikendalikan dengan baik,"pungkasnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment