Pemda Kembali Gelar Audiensi Bersama Warga Korban Gempa Pasbar

By administrator 10 Mar 2023, 12:15:00 WIB 227 x dilihat Berita Utama

Berita Terkait

Berita Populer

Pemda Kembali Gelar Audiensi Bersama Warga Korban Gempa Pasbar

Pasbar, pasamanbaratkab.go.id--  Pemerintah Daerah (Pemda) kembali menggelar audiensi bersama warga korban bencana gempa bumi, Kamis (9/3) di Aula Kantor Bupati setempat. Kegiatan itu dihadiri Bupati Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto, Unsur Forkopimda, BPKP Provinsi Sumatera Barat, Kepala Bappelitbangda, dan stakeholder terkait. 

Audiensi tersebut membahas persoalan bantuan pembangunan rumah rusak pasca gempa terutama rumah rusak berat. Menjawab pertanyaan masyarakat, turut bergabung salah seorang Direktur BNPB Bernadus yang tersambung melalui video conference. 

Warga Korban Gempa Pasbar menginginkan pembayaran atau bantuan yang diberikan pada tahap awal itu langsung dibayarkan ke rekening mereka tanpa melalui perantara toko bangunan dan sebagainya. Kemudian, warga bersangkutan juga menginginkan untuk tidak melakukan proses verifikasi ulang serta penggunaan bahan bangunan bekas. 

Menanggapi hal tersebut Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB Pusat Bernadus menjelaskan, bantuan stimulan rumah yang diberikan sebanyak 40 persen pada tahap pertama itu dapat diberikan tunai kepada masyarakat dan dituangkan pada juknis dengan progres yang didampingi oleh tim BPKP Sumbar, dan pihak terkait serta tim teknis dilapangan. Pencairan tahap berikutnya, akan ada beberapa hal yang harus dipenuhi terkait surat pertanggung jawaban mutlak dari penerima dana. 

Ia juga menegaskan jika proses verifikasi data harus dilakukan dan tidak boleh dilewatkan. Bahan bangunan bekas tidak boleh dimanfaatkan sebab BNPB menginginkan bantuan rumah yang akan dibangun nantinya kokoh dan aman dari dampak bencana gempa.

Dari 1111 kategori rumah rusak berat, sebanyak 540 diantaranya telah diverifikasi dan dapat dibayarkan secara langsung pembayarannya sebanyak 40 persen di tahap awal, sembari menunggu sisa lainnya diverifikasi. Oleh karena itu, masyarakat diminta tenang dan bersabar.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

UPDATE INFO GEMPA
Bencana Gempa 25 Februari 2022 Pasaman Barat


KONDISI PERHARI


Sumber: Bagian Keposkoan dan Data,Posko Utama, Rumah Dinas Bupati Pasaman Barat



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Menurut Anda Perubahan Website Baru
  Tidak
  Bagus

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video

STATISTIK PENGUNJUNG


    716 Online

    522 Visitor Today

    7241 Hits Today

    637865 Total Visit