Pemkab Pasbar Ikuti Launching Gerakan 3 Juta Masker di Provinsi Sumbar Secara Virtual

By Tim Peliput Diskominfo Pasaman Barat 28 Agu 2020, 11:21:55 WIB Berita Utama
Pemkab Pasbar Ikuti Launching Gerakan 3 Juta Masker di Provinsi Sumbar Secara Virtual

 pasamanbaratkab go.id-- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Tim Penggerak PKK menggelar Launching Gerakan 3 juta masker bersama Menteri Dalam Negeri dan Ketua Umum Tim Penggerak PKK di Aula Gubernur Selasa, (25/8/2020). Kegiatan tersebut juga diikuti oleh seluruh Bupati, Walikota dan TP PKK Se- Sumatera Barat.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat juga mengikuti kegiatan Launching Gerakan 3 juta masker Sumbar tersebut secara virtual melalui Vidcon, di Ruangan Auditorium. Yang diikuti oleh Sekretaris Daerah Pasaman Barat Yudesri, Forkopimda, dan Seluruh Kepala OPD.

Dalam Vidcon, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan, sangat mendukung penuh gebrakan pembagian masker tersebut. karena hal ini dipandang dapat menjaga dan menjadikan masyarakat aman dari covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini.

"Untuk itu, himbauan dan sosialisasi penggunaan masker terus digerakkan pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah, karena ini merupakan salah satu protokol kesehatan yang harus dipatuhi masyarakat selama pandemi dalam mencegah covid-19 .

Disebutkan, bahwa Paparan covid-19 saat ini semakin meningkat, apalagi telah ada beberapa kepala daerah di Sumatera Barat yang terpapar covid-19. 

"Karena itu, kita selalu mengingkatkan kepada masyarakat akan disiplin mengikuti protokol kesehatan covid-19, dengan selalu memakai masker, cuci tangan, dan menghindari tempat-tempat keramaian. Untuk itu, pemerintah selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar aman dari covid 19,”ungkap Irwan Prayitno.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Tri Tito Karnavian menjelaskan bahwa, untuk memutus mata rantai penularan covid-19 tidak hanya dengan mensosialisasikan gerakan memakai masker, namun masyarakat juga harus diingatkan untuk melaksanakan protokol kesehatan yang lainnya dengan jaga jarak, menghindari kerumunan, cuci tangan, dan menjaga imun tubuh.

Ia juga menjelaskan bahwa pembagian masker ini sebelumnya sudah dilakukan di beberapa provinsi lain sejak awal pandemi covid-19, namun dalam hal ini Presiden Jokowi memerintahkan untuk pembagian masker ini diintensifkan kembali melalui Tim Penggerak PKK diseluruh provinsi di Indonesia yang disebut Gebrak Masker.

Sementara itu, usai pelaksanaan Vidcon Launching Gerakan 3 juta masker di Provinsi Sumbar tersebut, selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yang dipimpin oleh Sekda Pasbar Yudesri, membagikan Masker secara simbolis terhadap ASN, TNi, Polri, ormas, dan Seluruh OPD, di halaman Kantor bupati.

Sekda Pasbar menjelaskan, Jumlah Total pembagian Masker di kabupaten Pasaman Barat akan diupayakan sebayak 100 ribu masker, penyerahan dilakukan secara berkesinambungan oleh Tim Penggerak PKK di dampingi BPBD mulai tanggal 25 Agustus 2020 hingga tercapainya target pembagian masker.

"100 ribu masker ini akan kita bagikan ke seluruh elemen masyarakat, mulai dari ASN, TNI, Polri termasuk masyarakat Secara luas. Kita harapkan 50% masyarakat Pasaman Barat mendapatkan pembagian dari masker ini, dengan target waktu pembagian hingga Seminggu atau dua minggu ke depan," jelas Yudesri.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment