POSSI dan Diving Club Pasbar Tanam Seribu Miniatur Rumah Gadang di Dasar Laut

By Tim Peliput Diskominfo Pasaman Barat 11 Jun 2021, 08:21:04 WIB Berita Utama
POSSI dan Diving Club Pasbar  Tanam Seribu Miniatur Rumah Gadang di Dasar Laut

pasamanbaratkab.go.id-- Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pengurus Cabang Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Pasaman Barat dan Tuah Basamo Diving Club melaunching Program Seribu Miniatur Rumah Gadang di dasar laut perairan Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Kegiatan ini dirancang untuk merehabilitasi terumbu karang dengan cara transplantasi.

Ketua Cabang Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Pasaman Barat Ade Nirwansyah melalui Pembina POSSI, Decky H Sahputra mengatakan transplantasi karang bertujuan untuk meningkatkan produksi perikanan yang sering disebut Fish Aggregation Device (FAD), yaitu suatu cara yang digunakan untuk mengubah suatu perairan yang sepi ikan menjadi perairan yang banyak ikan.

Ia menjelaskan, terumbu karang buatan tersebut ditanam di sekitar terumbu karang yang ada, sehingga nelayan tidak lagi menangkap ikan di terumbu karang, tetapi berpindah di terumbu karang buatan.

"Kami berharap masyarakat dan para nelayan kita juga ikut menjaga keutuhan hasil transplantasi terumbu karang ini, sehingga kedepan masyarakat dan para nelayan juga dapat merasakan hasilnya,"ungkap Dicky H. Sahputra.

Ia menambahkan, akan menargetkan penanaman 1.000 miniatur rumah gadang di perairan laut Air Bangis Pasaman Barat.

"Semoga dengan program ini kedepannya ekosistem laut kita menjadi lebih baik, sehingga berdampak kepada penghasilan nelayan dan juga bisa menjadi ikon wisata khususnya wisata bahari Pasaman Barat. Untuk itu, kami mohon saran dan dukungan untuk program ini dari semua pihak demi kemaslahatan Nagari Tuah Basamo Pasaman Barat,"harapnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment