Posyandu Mawar IV Nagari Sinuruik Wakili Pasbar pada Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Sumbar

By administrator 10 Agu 2022, 06:47:00 WIB 209 x dilihat Berita Utama

Berita Terkait

Berita Populer

Posyandu Mawar IV Nagari Sinuruik Wakili Pasbar pada Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Sumbar

Pasbar, pasamanbaratkab.go.id--  Posyandu Mawar IV Jorong Kemajuan, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau mewakili Pasaman Barat (Pasbar) dalam Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022. 

Dalam lomba Posyandu menampilkan 6 inovasi atau program yang dilakukan kader sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan dilingkungan masyarakat dalam meningkatkan kunjungan balita serta ibu hamil ke Posyandu.

"Posyandu Mawar IV ini merupakan salah satu Posyandu terbaik di Kabupaten Pasaman Barat. Terbukti dengan banyaknya inovasi-inovasi yang dibuat untuk mempermudah pelayanan di posyandu baik untuk penurunan stunting maupun yang lainnya," ungkap Ketua TP PKK Paabar Ny. Titi Hamsuardi saat melakukan Monitoring Evaluasi di Posyandu Mawar IV Jorong Kemajuan, Nagari Sinuruik  Kecamatan Talamau, Selasa (9/8). 

Dalam Monev tersebut Ny. Titi Hamsuardi mengingatkan kepada seluruh stakeholder terkait untuk bersinergi agar inovasi yang dibuat dapat membuahkan hasil yang terbaik nantinya.

Ny. Titi Hamsuardi juga meminta kepada kader dan stakeholder terkait lainnya untuk mempersiapkan semua kebutuhan lomba yang akan diikuti.

Sementara itu, Kasi Posyandu DPMN Septriadinata menjelaskan, bahwa Posyandu Mawar IV merupakan posyandu yang penanganan stuntingnya cukup baik, karena salah satu dalam inovasinya memberikan asupan makanan untuk membantu pertumbuhan anak yang mengalami stunting, dengan nama Sustpadi. 

Saat ini kader Posyandu Mawar IV juga mengikuti Lomba Kader Posyandu berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang mana berdasarkan hasil exsposnya di provinsi berhasil menjadi salah satu kader Posyandu yang membawa nama baik Pasbar dari 6 Kabupaten yang terpilih dalam lomba tersebut. 

Dikesempatan tersebut, Petugas Gizi Puskesmas Talu Noerhanany S.Gz mengatakan, yang menjadi unggulan dari Posyandu Mawar IV dibandingkan Posyandu lain yaitu adanya pengembangan inovasi yang memudahkan bagi Nakes untuk memantau sasaran Posyandu Mawar IV. 

"Adapun inovasinya yaitu yang pertama pengimputan data Posyandu berbasis elektronik pada aplikasi Gesit Stunting (Gerakan Sinuruik Peduli Stanting) yang diberi nama Mantap dan aplikasi ini langsung terhubung dengan nagari serta bisa dilihat data masyarakat yang posyandu sesuai jadwal yang ada dan perkembangan setiap anak sesuai hasil pemeriksaan si anak yang diinput," ucapnya. 

Selain itu inovasinya, berupa Sustpadi (Susu Telur Kacang Padi) yang bermanfaat untuk makanan bagi Anak Stunting, Tatarung (Tanam Tanaman di Karung) seperti kentang, ubi dan lainnya, Tagolek ( Tanam Tanaman Toga Di Polybag), Intermilan (Imunisasi Terintegrasi Sambil Memberi Jajan), Bercelona(Bermain Ceria Penuh Canda).

"Untuk sasaran Posyandu Mawar IV sendiri sebanyak 62 anak balita dan dalam pelaksanaan Posyandu di Mawar IV tidak memiliki kendala yang signifikan melainkan masih bisa ditanggulangi karena koordinasi antara Kader, Puskesmas dan nagari berjalan dengan baik" tutur Noerhanany. 

Turut Hadir Camat Talamau Andre Afandi, Wali Nagari Sinuruik Fima Al Amin, Jorong Kemajuan Imra Oktarizal, Anggota PKK Kabupaten serta stakeholder terkait lainnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

UPDATE INFO GEMPA
Bencana Gempa 25 Februari 2022 Pasaman Barat


KONDISI PERHARI


Sumber: Bagian Keposkoan dan Data,Posko Utama, Rumah Dinas Bupati Pasaman Barat



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Menurut Anda Perubahan Website Baru
  Tidak
  Bagus

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video

STATISTIK PENGUNJUNG


    16 Online

    143 Visitor Today

    1540 Hits Today

    323065 Total Visit