Dihadiri Lebih 1.500 Siswa, Dinas Pendidikan Pasaman Barat Buka Secara Resmi Kegiatan Pesanten Ramadhan 1445 H

Pasbar, pasamanbaratkab.go.id--  Lebih 1.500 orang siswa yang terdiri dari SMP Negeri 1 Pasaman, SD Negeri 09 Pasaman dan SD IT Cahaya Makkah hadir pada pembukaan kegiatan Pesantren Ramadhan Tahun 1445 H/ 2024 M. Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Agung Baitul Ilmi Simpang Empat Pasaman Barat itu, selain siswa juga dihadiri Kemenag Pasbar, Sekretaris Disdik Darman, Kabid SMP Samsul Bahri, Kasi Kurikulum SMP Rizana, Kasi Kesiswaan Nofraida, para Korwil Kecamatan, Pengawas Sekolah, Wali Nagari, Jorong dan guru-guru pembimbing.

"Seiring dengan program unggulan Pemda Pasaman Barat tentang pembentukan Insan Religius, maka Dinas Pendidikan melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan yang merupakan kegiatan yang dilakukan sekolah dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan 1445 H. Hal ini bertujuan untuk menjadikan peserta didik lebih paham agama dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari," jelas Kadis Pendidikan Pasaman Barat, Agusli saat membuka kegiatan.

Kadis Pendidikan Agusli menyampaikan bahwa Kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H dilaksanakan di masjid terdekat dengan sekolah. Ini dimaksudkan agar siswa terbiasa ke masjid, rajin ke masjid, belajar ilmu agama dan prakteknya di masjid. Dan setelah selesai Ramadhanpun diharapkan siswa tetap rajin beribadah ke masjid.

"Realita di lapangan saat ini masih banyak siswa SD dan SMP yang belum sempurna dalam pemahaman dan pelaksanaan praktek ibadah. Atas dasar inilah mengapa kurikulum yang disusun Dinas Pendidikan Pasaman Barat, MGMP PAI dan AGPAII Pasaman Barat berorientasi pada pematangan pemahaman agama dan praktek ibadah, seperti praktek berwudu', praktek sholat wajib, tata cara penyelenggaraan jenazah dan praktek Khutbah Jumat," terangnya.

Pada sambutannya Kadis Pendidikan juga menyampaikan harapan agar orang tua, guru, pengurus masjid dan perangkat nagari mendukung penuh kegiatan pesantren Ramadhan tersebut.

"Kita bimbing anak-anak kita agar mereka menghadiri dan mengikuti pesantren Ramadhan yang dilaksankan sekolah dengan baik," imbuhnya.

Dijelaskan, bahwa setiap sekolah akan melaksanakan kegiatan pesantren 17 hari tatap muka, dengan jadwal jam 07.30 sd 10.00 untuk SD dan 10.30 sd 13.00 untuk SMP. Sementara setiap harinya kegiatan pesantren Ramadhan akan diawali dengan sholat dhuha, tahfiz/ tadarruz Alquran dan materi pokok.

"Insyaallah akan sangat baik dan banyak manfaatnya bagi siswa-siswi kita," tutup Agusli.