Wabup Risnawanto Resmikan Pembentukan Lima Jorong di Muaro Kiawai Hilir Kecamatan Gunung Tuleh

Pasbar, pasamanbaratkab.go.id-- Untuk meningkatkan pelayanan langsung kepada masyarakat, lima jorong di Nagari Muaro Kiawai Hilir diresmikan oleh Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Risnawanto, di Kantor Wali Nagari Muaro Kiawai, Rabu (3/7).

Lima wilayah jorong yang dimekarkan di Nagari Muaro Kiawai Hilir itu adalah Jorong Kartini, Jorong Kartini Lobuah Baru, Jorong Kartini Singkarak, Jorong Kartini Boncah Kobun, dan Jorong Kartini Rawa Bangun.

Dalam peresmian pemekaran jorong tersebut, hadir beberapa kepala OPD, Forkopimca Gunung Tuleh, perangkat nagari, Bamus, tokoh masyarakat, dan stakeholder terkait lainnya.

Wakil Bupati Risnawanto menyampaikan bahwa pemekaran jorong tersebut merupakan kelanjutan dari pemekaran nagari yang telah dilakukan sebelumnya. Dahulu nagari di Pasbar hanya berjumlah 19, sekarang sudah dimekarkan menjadi 90 nagari.

"Dengan adanya pemekaran jorong ini, diharapkan pelayanan kepada masyarakat semakin dekat, cepat, dan mudah," katanya.

Ia juga menegaskan bahwa kepala jorong bukan hanya lambang saja. Kepala jorong harus tahu apa yang dialami oleh masyarakatnya.

"Sebelum mengikuti Pansel jorong nanti, calon jorong harus memahami tugas jorong. Jangan sampai tidak tahu kondisi warganya yang tidak makan, warga yang sakit menahun, hingga warga yang tidak mendapatkan bantuan sementara dia berhak untuk dibantu," ujar Risnawanto.

Tujuan dari pemekaran jorong dan nagari adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Jika pelayanan tidak meningkat sementara jorong dan nagari sudah bertambah, maka itu adalah kerugian besar bagi kita semua.

"Untuk itu, mari kita wujudkan tujuan ini secara bersama-sama, tanpa ada kepentingan apapun," ujar Risnawanto.