ABG SEHAT (AYO BUDAYAKAN GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT)

g_inovasi

74

g_inovasi

74

g_inovasi

74

25/06/2024

Puskesmas Sungai aur

Perilaku masyarakat yang tidak sehat dapat dilihat dari kebiasaan merokok, rendahnya pemberian air susu ibu ( ASI ) ekslusif, tingginya prevalensi gizi kurang dan gizi lebih pada anak balita, serta kecendrungan meningkatnya jumlah penderita HIV / AIDS. Mengingat pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu yang di dukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat, diperlukan keterlibatan aktif secara terus menerus seluruh komponen baik pemerintah pusat dan daerah, sektor non pemerintah, dan masyarakat. Untuk itu, perlu adanya sebuah gerakan untuk mendorong masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Sungai Aur untuk berperilaku hidup sehat. dibuatlah gerakan tersebut dengan nama ABG SEHAT (ayo budayakan gerakan masyarakat hidup sehat)”.

Kegiatan “ABG SEHAT” dilakukan di setiap jorong yang ada di wilayah kerja Puskesmas Sungai Aur dengan total 22 Jorong. Kegiatan rutin dilakukan di 3 jorong setiap bulannya secara bergiliran bersama lintas program dan lintas sektor. Kegiatan “ABG SEHAT” terdiri dari:

  1. Senam Bersama
  2. Penyuluhan kesehatan
  3. Makan buah dan sayur
  4. Cek kesehatan (tensi, gua darah, kolesterol, asam urat)
  5. Pengobatan gratis

Untuk meningkatkan semangat masyarakat diakhir kegiatan akan diberikan doorprize bagi 5 masyarakat yang pertama hadir berupa buah-buahan atau sayuran dengan harapan untuk memotivasi masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup sehat.

Tanggal Awal Inovasi : 2023-04-01

Copy Link :