Pemkab Pasbar Ikuti Rakor Rutin Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri RI

Pasbar, pasamanbaratkab.go.id-- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI secara virtual.

Rakor rutin yang dilaksanakan setiap Senin pagi ini, diikuti oleh TPID Pasbar secara virtual di ruangan balkon kantor bupati setempat, Senin (22/4).

Dalam rakor tersebut, Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian mengatakan, memasuki minggu ketiga April 2024 tingkat Inflasi Nasional masih dalam angka yang relatif terkendali, dengan Inflasi tahun ke tahun (Maret 2024 terhadap Maret 2023) sebesar 3,05 persen.

Namun, lanjutnya, kondisi ini harus tetap diwaspadai karena Inflasi bulan ke bulan (Maret 2024 terhadap Februari 2024) sebesar 0,52 persen.

"Dengan adanya Perang Rusia-Ukraina dan begitu juga pergolakan terjadi di wilayah Timur Tengah antara Israel dan Iran sangat dapat mempengaruhi Situasi Ekonomi dan Politik Global. Dibandingkan dengan Indonesia, Iran memiliki angka inflasi yang tinggi yaitu mencapai 49 persen. Indonesia perlu bersyukur karena tingkat inflasinya masih relatif terkendali,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menekankan untuk setiap daerah dapat menjaga tingkat Inflasinya.

Sementara itu, Kepala BPS Pusat Amalia Adininggar Widyasanti menyimpulkan bahwa berdasarkan pemantauan harga SP2KP pada minggu ketiga April 2024 ini, beberapa komoditas pangan yang harganya meningkat dan perlu diwaspadai, karena terjadi penambahan jumlah kabupaten/kota. Dan kenaikan itu terjadi pada Bawang Merah, Bawang Putih, Minyak Goreng, Daging Ayam Ras dan Gula Pasir.

Berdasarkan grafik harga bahan pangan di Kabupaten Pasaman Barat sendiri, mulai tanggal 16 April sampai dengan 22 April 2024 menunjukkan nilai harga yang cenderung stabil. Perubahan harga bahan pangan yang terjadi hanya terdapat pada harga Cabai Merah Lokal, Bawang Merah, Beras Sokan, Daging Ayam Broiler/Ras dan Cabai Rawit Hijau.

Pada tanggal 18 April 2024 harga Cabai Merah Lokal turun sebesar 2,22 persen, disusul Bawang Merah yang mengalami kenaikan harga mencapai 20 persen. Pada tanggal 19 April 2024 Beras Sokan juga mengalami kenaikan harga sebesar 6,90%. Selanjutnya pada tanggal 21 April 2024 Daging Ayam Broiler/Ras mengalami penurunan harga sebesar 6,25 persen, dikuti Cabai Rawit Hijau yang ikut mengalami kenaikan mencapai 10 persen dari harga sebelumnya.

Data harga tersebut didapatkan dari wilayah Kinali, Simpang Tiga, Simpang Empat, Kapa, Padang Tujuh, Kajai, Talu dan Paraman Ampalu.

Pencarian Berita

Berita Terpopuler

Publikasi