Ceting Rematri (Cegah Stunting Mulai dari Remaja Putri)

g_inovasi

41

g_inovasi

41

08/07/2024

Puskesmas Sasak

Puskesmas Sasak melakukan inovasi terkait upaya pencegahan stunting dengan menghadirkan Program Ceting Rematri (Cegah Stunting Mulai dari Remaja Putri) sebagai Program Inovasinya. Kepala Puskesmas Sasak mengatakan program ceting Rematri ini merupakan langkah inovasi untuk mencegah generasi yang akan datang mengalami stunting dengan melakukan pemeriksaan kesehatan sedini mungkin terutama terhadap remaja putri yang akan menjadi ibu agar terhindar dari melahirkan bayi yang beresiko mengalami stunting, Pada  seluruh remaja putri yang menjadi sasaran ceting Rematri dilakukan upaya pemeriksaan HB dan pemberian tablet Tambah darah sehingga jangan sampai ada resiko kekurangan gizi dan anemia ketika akan menikah dan memilki anak.

Biasanya pembahasan stunting selalu dikaitkan dengan ibu hamil, ASI Ekslusif, dam pola makan pada peridode emas pertumbuhan anak. Hal ini tentu tidak salah karena 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) atau masa dimana ibu bisa memaksimalkan kesehatan dan perkembangan anak melalui asupan gizi yang baik. Yang dimaksud 1.000 Hari Pertama Kehidupan adalah masa 9 bulan kehamilan hingga anak usia 2 Tahun, namun sebenarnya untuk melahirkan anak yang sehat, sebelum masa seribu HPK terjadi yaitu pada masa remaja. Calon ibu harus sudah memperhatikan asupan gizi.

Pencegahan stunting sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Remaja putri dapat melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi tablet tambah darah (TTD) sebanyak 1 tablet per minggu, melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit dalam sehari, dan menerapkan pola makan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang.

Harapan dari program inovasi Ceting Rematri ini adalah menurunnya kejadian stunting di wilayah kerja Puskemas Sasak di masa yang akan datang.

Tanggal Awal Inovasi : 2023-10-03

Copy Link :