NI ESTEH (NAGARI CEGAH STUNTING MELALUI SIKLUS KEHIDUPAN)

g_inovasi

84

g_inovasi

84

g_inovasi

84

25/06/2024

Puskesmas Sungai aur

Stunting adalah kondisi dimana tinggi badan seseorang lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang lain pada umumnya (yang seusia) yang disebabkan kurangnya asupan gizi yang diterima oleh janin/ bayi. Kekurangan gizi ini terjadi sejak dalam kandungan dan pada masa awal anak lahir, tetapi stunting baru nampak setelah anak berusia 2 tahun. Hal ini berdampak pada perkembangan otak anak di masa golden period (0-3 tahun) yang disebabkan karena 80-90% jumlah sel otak terbentuk sejak masa dalam kandungan sampai usia 2 tahun.

Berdasarkan data program gizi Puskesmas Sungai Aur, terdapat 4 jorong yang merupakan lokus stunting pada tahun 2023 yaitu Jorong Bukit melintang, Jorong Bukit Harapan, Jorong Sakato Jaya, dan Jorong Muara Tapus. Terkait permasalahan tersebut, Puskesmas Sungai Aur membuat program inovasi terkait permasalahan stunting yaitu NI ESTAH (NagarI cEgah STunting mElalui siklus keHidupan). Kegiatan NI ESTEH adalah salah satu upaya untuk menurunkan angka stunting di wilayah kerja Puskesmas Sungai Aur dan menumbuhkan peran aktif masyarakat untuk dapat meningkatkan derajat kesehatannya. Kegiatan NI ESTEH dilakukan dengan membentuk kerjasama lintas program (gizi, kesehatan lingkungan, kesehatan ibu dan anak, promkes, pemeriksaan Labor, dan posyandu balita) dan juga lintas sektor seperti UPT Kantor Camat, Kantor Wali, UPT BKB. Kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu satu hari di jorong yang merupakan lokus stunting tersebut secara bergilir setiap bulan. 

Tujuan Kegiatan NI ESTEH ini adalah:

  1. Menurunkan kasus Stunting di wilayah kerja Puskesmas Sungai Aur
  2. Menurunkan angka kematian ibu dan bayi
  3. Meningkatkan kesadaran masyarakat melalui edukasi atau penyuluhan tentang masalah kesehatan terutama pencegahan stunting pada anak
  4. Meningkatkan asupan gizi keluarga yang berisiko stunting
  5. Meningkatkan kesehatan sanitasi di lingkungan masyarakat
  6. Menjadikan masyarakat yang mandiri dalam upaya kesehatan rumah tangga (mampu melaksanakan prilaku hidup bersih dan sehat)

Tanggal Awal Inovasi : 2023-04-01

Copy Link :