Pemprov Sumbar Serahkan Bantuan Ternak Ayam KUB Paket 1 Pada Kelompok Penerima Di Kabupaten Pasaman Barat

Pasbar, pasamanbaratkab.go.id--  Setelah menghadiri Sarasehan Masyarakat Hukum Adat di Tinggam Talamau dan memberikan sejumlah bantuan, rombongan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) didampingi Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi beranjak ke Padang Laweh, Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo untuk menyerahkan bantuan Ternak Ayam KUB Paket 1 pada Kelompok Penerima di Kabupaten Pasaman Barat, tepatnya Kelompok Tani SPR Rukun Basamo, Selasa (30/4).

Gubernur Mahyeldi dalam arahannya menyebutkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat konsen dengan pertanian dan peternakan. Hal tersebut dikarenakan pertanian dan peternakan merupakan suatu siklus yang berkaitan. Kebutuhan harian hasil pertanian dan peternakan sangat tinggi. Untuk itu, ia menghimbau masyarakat Pasbar agar beternak ayam sehingga berdampak pada hasil telur yang berkualitas.

"Segala sesuatu memiliki manfaat. Contoh limbah organik yang dimanfaatkan seperti limbah kelapa muda menjadi pakan. Kebutuhan hasil tani dan ternak masih sangat tinggi. Maka dengan beternak ayam diharapkan dapat membantu masyarakat menekan stunting dengan mengkonsumsi makanan tambahan yaitu telur. Kita hanya membutuhkan mesin untuk mengolah kompos sehingga kualitas pupuk jadi lebih baik. Bentuk kelompok, SPR, menambah populasi ayam sehingga menghasilkan telur yang berkualitas," jelas Gubernur Mahyeldi.

Sementara itu, atas nama Pemerintah Daerah Bupati Pasbar Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Gubernur dan Kepala Dinas terkait yang telah memberikan perhatian yang besar pada Pasbar. Dalam membina perekonomian masyarakat lanjutnya, pemerintah daerah terus mendorong Bumnag dan masyarakat agar memperluas peternakan khususnya ayam hingga kebutuhan ayam dan telur di Pasbar terpenuhi.

"Kita pernah kalkulasi kebutuhan pupuk sangatlah besar, kebutuhan ayam dan kebutuhan telur ayam sangat tinggi. Melalui camat, perangkat nagari hingga Bamus mari bentuk kelompok tani dan ternak dengan membuat administrasi yang baik, beri pembinaan hingga kuota bantuan untuk Pasbar terpenuhi. Saat ini masih ada 12 kelompok lagi belum terpenuhi administrasinya," terang Bupati Hamsuardi.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat, Sukarli menyebutkan bahwa tahun ini Pemprov Sumbar memberikan alokasi untuk Pasbar yakni diperuntukkan bagi 23 kelompok ayam paket 1 yang sudah didistribusi sebanyak 11 kelompok. Paket ternak kambing 3 kelompok, itik 3 kelompok, puyuh 1 kelompok, dan sapi pada tahun depan.

"Bantuan kegiatan pengadaan bibit ternak ayam paket 1 Provinsi Sumatera Barat itu berupa Ayam KUB 25.000 Ekor untuk (50) kelompok, pakan serta obat-obatan dan vitamin dengan total senilai 4.360.930.000 rupiah," jelasnya.