Bupati Hamsuardi Dukung Pembangunan Masjid Nurul Iman Kampung Cubadak

Pasbar, pasamanbaratkab.go.id--  Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi bersama Tim Khusus Safari Ramadan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat 1445 H/2024 M mengunjungi Masjid Nurul Iman Kampung Cubadak, Kecamatan Pasaman, Rabu (27/3) malam. Pada kesempatan itu, Bupati Hamsuardi mengatakan sangat mendukung sepenuhnya pembangunan masjid tersebut.

"Kehadiran kita malam ini selain untuk silaturahmi, juga untuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat Pasbar. Seperti halnya aspirasi masyarakat Kampung Cubadak untuk Masjid Nurul Iman ini. Beberapa bulan lalu kami datang bersama rombongan Jumat Berkah, waktu itu kita membantu loteng masjid yang alhamdulillah saat ini sudah selesai. Keinginan untuk pembangunan fasilitas berwudhu insyaallah kita anggarkan di APBD 2025," ungkapnya.

Selain itu, ia juga memohon dukungan Program Unggulan Pemda Pasbar. Upaya pemerintah daerah dalam menjadikan masyarakat sehat diantaranya melalui program Berobat Gratis, untuk menjadikan masyarakat Pasbar Cerdas melalui sekolah bebas pungutan dan reward bagi siswa berprestasi. Terakhir, upaya menjadikan masyarakat Pasbar beriman dan berakhlak mulia yakni dengan program Magrib Mengaji dan Tahfidz Alquran.

"Pada 2030 nanti kita menargetkan kemauan dan tingkat kemampuan warga Pasbar untuk membaca, mengerti, dan memahami Alquran. Target 30 persen harus tercapai, tentu target ini tidak mudah dan diperlukan kemauan kita bersama. Begitu juga dengan program berobat gratis, silahkan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," jelasnya.

Pengurus Masjid Nurul Iman, Emon memaparkan kondisi Masjid Nurul Iman yang masih melanjutkan tahap pembangunan terutama pada menara masjid. Ia juga menjelaskan masyarakat juga meminta agar tempat wudhu dibuat terpisah antara laki-laki dan perempuan. Terakhir, ia mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemda Pasbar untuk perbaikan loteng melalui Jumat Berkah pada tahun 2023 lalu.

"Pembangunan masjid kita ini masih berlanjut. Secara fisik yang akan dikejar setelah Idul Fitri ini adalah 3 buah menara di depan yang masih terbengkalai. Permintaan jemaah tempat berwudhu juga dipisah antara laki-laki dan perempuan. Semoga kedatangan tim khusus malam ini juga membawa rezeki, sebagaimana Pemda Pasbar telah membawa rezeki melalui Jumat Berkah maupun mengkhususkan masjid kita ini dalam Safari Ramadan," jelasnya.

Di akhir acara, Bupati Hamsuardi didampingi stakeholder terkait menyerahkan bantuan sebesar Rp 15.000.000 kepada pengurus masjid. Ia juga menyerahkan hadiah pada anak-anak dan ibu-ibu yang berhasil menjawab kuis yang diberikan.

Turut hadir, Staf Ahli Bidang Pengembangan Ekonomi dan Pembangunan Joni Hendri, Asisten Administrasi Umum Raf’an, Kadis Kominfo Armen, Kepala Bappelitbangda Ikhwanri, Kepala DPPKBP3A Anna Rahmadia, Sekretaris Dinkes Dewi Indriani Djusair, Sekretaris BKPSDM Henrizal, Kabag Organisasi Dewi Afriyeni, Kabag Hukum Rosidi, Bagian Kesra, dan stakeholder terkait lainnya.