Nagari Tandikek Kecamatan Kinali Miliki Program Pencegahan Stunting Dan Ketahanan Pangan Di Wilayahnya

Pasbar, pasamanbaratkab.go.id--  Stunting merupakan masalah gizi kronis yang terjadi akibat kurangnya asupan gizi yang mencukupi selama masa pertumbuhan anak. Hal ini menjadi salah satu tantangan serius yang dihadapi oleh Nagari Tandikek, Kecamatan Kinali.

Wali Nagari Tandikek Dr. Farida Aini, SE. MM menjelaskan bahwa program yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Nagari Tandikek dan Posyandu Nagari Tandikek dalam penurunan dan pencegahan stunting yaitu dengan diadakannya program PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berbasis panganan lokal pada Oktober sampai Desember 2023, dengan harapan balita yang berada di Nagari Tandikek dapat terpenuhi gizinya.

Selain itu lanjutnya, berbagai upaya juga telah dilakukakan Pemerintah Nagari Tandikek dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat, diantaranya dengan menggandeng Polres Pasaman Barat untuk memberikan sosialisasi dalam rangka peningkatan gizi keluarga dan pencegahan kekerasan terhadap anak dan balita.

“Pemerintah Nagari Tandikek juga telah membentuk Kader BKB (Bina Keluarga Balita) untuk dapat memantau tumbuh kembang balita, sehingga Balita yang terindikasi stunting dapat cepat dilakukan penanganan, agar balita tersebut tidak mengalami masalah pada tumbuh kembangnya,” terangnya.

Di samping itu, dalam upaya pencegahan stunting dan upaya ketahanan pangan di wilayah Nagari Tandikek, pemerintah nagari juga telah melaksanakan kegiatan dan menghimbau masyarakat agar memanfaatkan dan memaksimalkan pekarangan rumah masing-masing untuk menanam sayuran dan tanaman yang dapat dipanen dan dimanfaatkan oleh masyarakat itu sendiri.

Wali Nagari Tandikek Farida Aini menambahkan, bahwa Pemerintah Nagari Tandikek juga mempunyai program pemanfaatan lahan pekarangan sebagai budidaya ikan untuk dikonsumsi sendiri, yang bekerjasama dalam pembinaannya dengan Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Barat dalam rangka mengurangi angka stunting di Nagari Tandikek.

“Pemerintah Nagari Tandikek juga menghimbau kepada masyaraakat untuk dapat memanfaatkan karung bekas sebagai media tanam ubi jalar untuk membantu dalam giat ketahanan pangan di Nagari Tandikek. Untuk itu, sebagai bentuk perhatian Pemerintah Nagari Tandikek terhadap ketahanan pangan, maka pemerintah nagari memberikan bantuan bibit sayuran dan tanaman lainnya untuk masyarakat di nagari dalam rangka mengurangi angka stunting oleh pemerintahan nagari tandikek, serta mengadakan operasi pasar murah kerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dalam rangka kecukupan pangan di Nagari Tandikek,” tegasnya.