Untuk Ke- 8 Kalinya, Pemkab Pasbar Raih WTP Dari BPK

Padang, pasamanbaratkab.go.id--  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023, untuk ke- 8 (delapan) kalinya berturut-turut. LKPD 2023 tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Pasbar Risnawanto didampingi Ketua DPRD Pasbar Erianto, Wakil Ketua DPRD Endra Yama Putra, Sekda Hendra Putra, Asisten 3 Raf’an, kepala OPD dan stakeholder terkait lainnya dalam agenda penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas LKPD Tahun 2023 di Gedung Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar, Selasa (7/5).

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Arif Agus mengatakan setelah melakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Daerah (LKPD), maka Laporan Hasil Pemeriksaan diserahkan dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Kabupaten Pasaman Barat.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas LKPD tahun 2023 Kabupaten Pasaman Barat termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Maka BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat telah berhasil mempertahankan opini WTP delapan kali berturut-turut,” ucapnya.

Ia menambahkan, dengan telah diserahkan laporan keuangan Opini WTP, maka ke depan diharapkan pengelolaan keuangan akan semakin baik. Karena ada beberapa masukan dan catatan yang sudah diberikan sebagai bahan evaluasi ke depan.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasbar Risnawanto juga memberikan ucapan terima kasih kepada BPK Perwakilan Sumbar karena telah melakukan pembinaan selama ini. Karena tanpa arahan dan bimbingan BPK maka laporan keuangan tidak akan seusai dengan aturan.

"Kami atas nama Pemda Pasbar mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sumbar. Karena telah melakukan pembinaan dan masukan atas laporan keuangan selama ini. Masukan dan saran yang bapak berikan kepada kami untuk ke depan tentunya sangat berarti bagi kami," katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD yang telah melakukan pekerjaan sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Pasbar karena telah mendukung pemerintah daerah dalam menjalankan tugas selama satu tahun ini.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPRD Pasbar Erianto. Ia menyampaikan bahwa catatan-catatan masukan yang diberikan oleh BPK RI Perwakilan Sumbar tentunya akan menjadi hal yang penting untuk memperbaiki laporan keuangan di masa mendatang.

"Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat dan anggota DPRD tentunya mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sumbar atas catatan dan masukan yang disebutkan tadi. Karena masukkan itu akan menjadi perubahan laporan keuangan kami ke depan untuk lebih baik lagi," katanya.